daulay, nur jannah (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT TERHADAP LITERAS I NUMERAS I S IS WA PADA MAT ERI STATISTIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SOSA JULU 2022/2023. Skripsi thesis, universitas islam negeri sumatra utara.
Text
COVER_RAISA_DAFFA_ZUHAIR.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB_I_RAISA_DAFFA_ZUHAIR.pdf Download (462kB) |
|
Text
BAB_II_RAISA_DAFFA_ZUHAIR.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB_III_RAISA_DAFFA_ZUHAIR.pdf Download (781kB) |
|
Text
BAB_IV_RAISA_DAFFA_ZUHAIR.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB_V_RAISA_DAFFA_ZUHAIR.pdf Download (328kB) |
|
Text
DAPUS_RAISA_DAFFA_ZUHAIR_compressed.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh strategi critical incident terhadap literasi numerasi siswa pada materi statistik di kelas VIII SMP N 1 Sosa Julu Tahun Ajaran 2022/2023” yang dilatar belakangi bahwa literasi numerasi siswa masih rendah dikarenakan siswa belum mampu mengaplikasikan ilmu matematika kedalam kehidupan sehari-hari dan menganalisis informasi yang ditampilkan dalam bentuk: bagan, tabel, diagram dan grafik serta siswa belum mampu menafsirkan hasil analisis tersebut untuk menarik kesimpulan. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan uji pre-test dan post-test di kedua kelas. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Sosa Julu dengan jumlah 48 orang. Yang terbagi atas VIII-A dan VIII-B. teknik pengambilan sampel data dengan total sampling. Analisis data dilakukan setelah memberikan uji pre-test dan post-test di kedua kelas. v Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa “Strategi critical incident berpengaruh terhadap literasi numerasi siswa pada materi statistik di kelas VIII SMP Negeri 1 Sosa Julu Tahun Ajaran 2022/2023”. Hal ini berdasarkan kriteria hasil perhitungan uji-t, yaitu diperoleh Thitung = 7,503 dan Ttabel = 2,013 , karena Thitung > Ttabel dengan masing-masing sampel 24. Dan dalam pengaruh strategi critical incident ini dapat dilihat dari uji N-Gain dengan hasil perhitungan N-Gain tersebut, menunjukkan bahwa nilai N-Gain eksperimen dengan kriteria sedang sebesar 90%. Sementara mentara nilai N-Gain kelas kontrol dengan kriteria sedang sebesar 80%. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai tes literasi numerasi siswa yang diajar dengan strategi critical incident lebih tinggi dari pada yang diajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP N 1 Sosa Julu.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Muthia Syafitri Ulfi |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 07:58 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 07:58 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21833 |
Actions (login required)
View Item |