NETRALITAS ASN PEMERINTAHAN DAERAH DALAM PILKADA BUPATI DAN WAKIL BUPATI 2021 BERDASARKAN UNDANG- UNDANG NO. 5 TAHUN 2014 TENTANG APARATUR SIPIL NEGARA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Kasus di Kantor Bawaslu Kabupaten Mandailing Natal)

lubis, nur indah (2023) NETRALITAS ASN PEMERINTAHAN DAERAH DALAM PILKADA BUPATI DAN WAKIL BUPATI 2021 BERDASARKAN UNDANG- UNDANG NO. 5 TAHUN 2014 TENTANG APARATUR SIPIL NEGARA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Kasus di Kantor Bawaslu Kabupaten Mandailing Natal). Skripsi thesis, universitas islam negeri sumatra utara.

[img] Text
Cover_Wahidah_Habsyah_Siregar.pdf

Download (885kB)
[img] Text
BAB_I_Wahidah_Habsyah_Siregar.pdf

Download (796kB)
[img] Text
BAB_II_Wahidah_Habsyah_Siregar.pdf

Download (762kB)
[img] Text
BAB_III_Wahidah_Habsyah_Siregar.pdf

Download (790kB)
[img] Text
BAB_IV_Wahidah_Habsyah_Siregar_compressed.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB_V_Wahidah_Habsyah_Siregar.pdf

Download (202kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka_Wahidah_Habsyah_Siregar_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: NETRALITAS ASN PEMERINTAHAN DAERAH DALAM PILKADA BUPATI DAN WAKIL BUPATI 2021 BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NO. 5 TAHUN 2014 TENTANG APARATUR SIPIL NEGARA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Kasus di Kantor Bawaslu Kabupaten Mandailing Natal). Netralitas adalah suatu keadaan tidak memihak; netral. Dalam penulisan skripsian ini, penulis membahas tentang bagaimana Netralitas ASN Pemerintahan daerah dalam Pilkada Bupati dan Wakil Bupati 2021 Berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara di Kantor Bawaslu Kabupaten Mandailing Natal, bagaimana Perspektif Fiqh Siyasah terhadap Netralitas ASN Pemerintahan Daerah Dalam Pilkada Bupati dan Wakil Bupati 2021 Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN di Kantor Bawaslu Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian yuridis empiris dengan metode pendekatan perundang-undangan dan menggunakan metode penelitian lapangan (field research), yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku dan dikaitkan dengan apa yang terjadi pada masyarakat dengan terjun langsung kelapangan menggunakan teknik analisis data yang bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan berfikir induktif Setelah menggunakan metode dalam menemukan jawaban permasalahan menggunakan teknik yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul, menggunakan sumber data yaitu primer, sekunder dan tersier. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan Netralitas ASN Pemerintahan Daerah Dalam Pilkada Bupati dan Wakil Bupati 2021 Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN di Kantor Bawaslu Kabupaten Mandailing Natal bersifat Netral, akan tetapi dipelaksanaannya terdapat pelanggaran Aparatur Sipil Negara yang ikut terlibat dalam berpolitik yang dilakukan karena berbagai faktor yaitu tekanan atasan salah satu paslon petahana, demi kepentingan karier, adanya kerabat dan ketidak pahaman hukum. Menurut perspektif fiqih siyasah termasuk kedalam kajian Siyasah Dusturiyah yaitu membahas masalah perundang- undangan negara yang berhubungan dengan peraturan dasar tentang bentuk pemerintahan dan batasan kekuasaannya,cara pemilihan (kepala negara). Seharusnya seseorang boleh mengikuti dan menaati atasannya atau pemimpin mereka apabila dengan hal-hal yang wajib, mustahab (yang disukai syara’) hal hal yang mubah (boleh dilakukan menurut syara) oleh Allah SWT. Jika seorang pemimpin penguasa memerintahkan untuk hal tidak baik berupa maksiat, Maka kita tidak boleh mengikuti dan melaksanakan perintahnya. Pemimpin harus mempunyai Pertanggung jawaban, Amanah terhadap masyarakat atau terhadap rakyatnya, sehingga bisa berlaku adil dan bisa mengatur sesuai dengan aturan yang ada.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Netralitas ASN, Pilkada, Fiqh Siyasah.
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science > 324 The political process
300 Social sciences > 340 Law > 342 Constitutional and administrative law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Muthia Syafitri Ulfi
Date Deposited: 19 Dec 2023 07:49
Last Modified: 19 Dec 2023 07:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21801

Actions (login required)

View Item View Item