Keterkaitan Nilai-Nilai Adat Upah-Upah Tondi dengan Bimbingan Konseling Islam Pada Etnis Batak Mandailing

Sari, Laina and Tanjung, Muaz (2023) Keterkaitan Nilai-Nilai Adat Upah-Upah Tondi dengan Bimbingan Konseling Islam Pada Etnis Batak Mandailing. Keterkaitan Nilai-Nilai Adat Upah-Upah Tondi dengan Bimbingan Konseling Islam Pada Etnis Batak Mandailing, 6 (2). pp. 200-211. ISSN 2620-8628

[img] Text
2587-6845-1-PB.pdf

Download (263kB)

Abstract

Adat merupakan sebuah gagasan yang di dalamnya terdapat nilai-nilai. Masing-masing masyarakat biasanya memiliki adat yang dapat mencerminkan jiwa dan kepribadian masyarakat tersebut. Salah satunya masyarakat Desa Kuala Bangka yang memiliki adat upah-upah tondi. Upah-upah tondi merupakan upacara yang tujuannya untuk mengembalikan semangat individu yang merasa terancam jiwanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji adat upah-upah tondi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka sebagai pengumpul data. Adat upah-upah tondi dianggap memiliki keterkaitan dengan bimbingan konseling islam karena didalam adat upah-upah tondi terdapat nilai nasihat atau membimbing, nilai sosial, nilai spiritual serta terdapat makna aqidah yang sama dengan bimbingan konseling. Namun terdapat perbedaan dimana membimbing dalam adat upah-upah tondi dilakukan oleh keluarga atau masyarakat. Sedangkan dalam bimbingan konseling, bimbingan diberikan oleh seorang ahli kepada individu dan dapat dilakukan dengan jangka pendek atau jangka panjang yang disebut dengan tindak lanjut.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Upah-upah, Tondi, Mandailing, Bimbingan, Konseling
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Mr. Dhimas Dharmawan
Date Deposited: 19 Dec 2023 04:40
Last Modified: 19 Dec 2023 04:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21781

Actions (login required)

View Item View Item