Miskonsepsi Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Memahami Materi Aljabar Ditinjau dari Teori Polya

Usmanda, Adinda Putri and Wandini, Rora Rizky (2023) Miskonsepsi Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Memahami Materi Aljabar Ditinjau dari Teori Polya. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12 (3). pp. 325-336. ISSN 2745-4312

[img] Text
ARTIKEL_ADINDA_PUTRI_USMANDA.pdf

Download (308kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kesalahan-kesalahan apa saja yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal Aljabar dalam bentuk cerita berdasarkan Teori Polya dan penyebab dari kesalahan-kesalahan tersebut. Teori Polya terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) Memahami masalah, (2) Merencanakan penyelesaian masalah, (3) Melaksanakan rencana, dan (4) Melihat kembali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan terhadap 30 mahasiswa PGMI/II dengan mengambil 3 mahasiswa sebagai subjek penelitian yaitu subjek S-I, S-II, S-III. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes dan wawancara. keabsahan data menggunakan metode teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan siswa dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu: faktor internal berupa 1) kesalahan dalam memahami notasi dan simbol, 2) kesalahan dalam memahami operasi aritmatika, 3) kesalahan dalam menempatkan (mengelompokkan) pembilang dan penyebut, 4) Kurangnya pemahaman dalam penyederhanaan variabel, 5) Terlalu banyak bentuk penjabaran penyederhanaan. Dan faktor eksternal yang mempengaruhi adalah 1) Banyaknya kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran, 2) Rendahnya motivasi belajar. Implikasi dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah matematika, yang merupakan keterampilan penting dalam pendidikan guru. Dalam hal ini Teori Polya menekankan pada kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini juga dapat digunakan untuk mengevaluasi efektivitas proses pembelajaran yang ada. Dengan mengetahui di mana mahasiswa seringkali salah memahami konsep aljabar, lembaga pendidikan dapat melakukan perubahan dalam pendekatan pembelajaran mereka. Penelitian ini juga dapat menjadi landasan untuk penelitian lebih lanjut dalam bidang ini. Misalnya, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengidentifikasi bagaimana cara efektif mengatasi miskonsepsi tersebut.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Aljabar, Miskonsepsi, Teori Polya
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Nur Fauziah Utami
Date Deposited: 17 Dec 2023 11:29
Last Modified: 17 Dec 2023 11:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21751

Actions (login required)

View Item View Item