Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Melalui Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SD IT Bina Insan

Simatupang, Syifa Syafriani and Sapri, Sapri (2023) Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Melalui Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SD IT Bina Insan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8 (3). pp. 1347-1356. ISSN 2620-8326

[img] Text
ARTIKEL_PUBLISH_SYIFA_SYAFRIANI_SIMATUPANH.pdf

Download (269kB)

Abstract

Karakter disiplin termasuk karakter yang wajib dimiliki orang peserta didik dan dalam penerapannya mata pembelajaran IPS turut mendukung adanya karakter disiplin untuk menjadikan peserta didik sebagai manusia yang baik. Dalam hal prakteknya pendidikan karakter disiplin telah diterapkan di SD IT Bina Insan. Dengan demikian peneliti merasa penting untuk memperdalam implementasi pendidikan karakter disiplin melalui mata pelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan serta menumbuhkan karakter disiplin pada siswa SD IT Bina Insan melelalui pendidikan pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang mana pengumpulan data yang diambil melalui proses observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Adapun hasil yang diperoleh dari data penelitian yaitu diketahui bahwa pendidikan karakter telah diterapkan di SDIT Bina Insan baik bagi para peserta didiknya maupun pengajarnya. Untuk memperkuat penerapannya diberikan istilah reward dan punishment dalam pendidikan karakter disiplin. Adapun hambatan yang ditemui berkaitan dengan orang tua sebagai pemantau peserta didik di rumah. Termasuk pula faktor pendukungnya adalah orang tua selaku pemantau di rumah dan juga guru sebagai pihak yang berperan sebagai wakil dari sekolah. Dalam menyelesaikan hambatan ini maka yang dilakukan pihak sekolah adalah dengan melakukan pertemuan antar guru dengan orang tua sehingga terjalin komunikasi yang baik untuk menyelesaikan masalah kedisiplinan peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter disiplin pada SD IT Bina Insan sudah terlebih dulu diterapkan walaupun masih terdapat kendala dan hambatan dalam pelaksanannya

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Implementasi, IPS, Karakter Disiplin, Pendidikan Karakter, Pendidikan Karakter Disiplin.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Nur Fauziah Utami
Date Deposited: 17 Dec 2023 11:11
Last Modified: 17 Dec 2023 11:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21749

Actions (login required)

View Item View Item