Belajar Matematika dengan Permainan Tradisional Galasin

Rahmadani, Arina (2023) Belajar Matematika dengan Permainan Tradisional Galasin. Pendidikan Matematika, 7 (1). pp. 297-313. ISSN 2549-6719

[img] Text
Artikel_Terbit.pdf

Download (515kB)

Abstract

Kebudayaan yang dihubungkan dengan matematika dapat dijadikan sumber pembelajaran matematika, salah satunya yaitu permainan tradisional galasin. Dengan permainan ini, dapat mengurangi persepsi buruk siswa terhadap matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan unsur matematika dengan memfokuskan aspek fundamental matematis yang terdapat dalam permainan tradisional galasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model Spradley (etnografi), dilaksanakan di Desa Sunggal Kanan, Medan Sunggal pada bulan Desember 2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawanca, dan observasi. Penelitian ini memberikan hasil bahwa belajar matematika bisa dilakukan dengan permainan galasin, dan dipertegas oleh aspek fundamental matematis yaitu (1) Terdapat aspek counting yakni operasi bilangan (penjumlahan dan pembagian); (2) terdapat aspek measuring meliputi ukuran luas dan keliling arena bermain; (3) terdapat aspek designing pada aktivitas kekongruenan dalam menentukan bentuk dan ukuran setiap kotak; (4) terdapat aspek locating meliputi transformasi geometri yakni translasi dan refleksi, serta hubungan antar garis; (5) aspek playing meliputi strategi, aturan, dan bentuk pelanggaran dalam permainan; (6) aspek explaining meliputi filosofi, fungsi, dan manfaat

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Permainan Tradisional Galasin, Matematika, Aspek Fundamental Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Nadzalya Amalika
Date Deposited: 14 Dec 2023 13:55
Last Modified: 14 Dec 2023 13:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21610

Actions (login required)

View Item View Item