Kecanduan Game Online dan Dampaknya terhadap Tanggung Jawab Suami (Studi Kasus Penentuan Hukum Bermain Game Online Bagi Para Suami di Kecamatan Torgamba Kabupaten Labusel)

Nasution, Sri Wulan (2023) Kecanduan Game Online dan Dampaknya terhadap Tanggung Jawab Suami (Studi Kasus Penentuan Hukum Bermain Game Online Bagi Para Suami di Kecamatan Torgamba Kabupaten Labusel). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
ilovepdf_merged_(2).pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (671kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (886kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (599kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (458kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kecanduan game online adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang secara terus menerus menghabiskan waktunya dengan bermain game online, sehingga dirinya tidak dapat mengontrol dan mengendalikannya. Dampak negatif pada kecanduan bermain game online meliputi empat aspek yaitu aspek kesehatan, aspek psikologis, aspek sosial dan aspek keuangan. Dampak positif yang diambil dari game online yaitu membawa kesenangan serta dijadikan sebagai tempat penyaluran hobbi. Kasus ini juga telah terjadi pada suami di daerah Kecamatan Torgamba Kabupaten LabuhanbatuSelatan Provinsi Sumatera Utara, yang mana terdapat 5 kasus mengenai suami yang kecanduan bermain game online. Sehingga penulis melakukan penelitian dengan tujuan penelitian ini yaitu mengetahui seperti apa realitas kecanduan game online yang dialami para suami di Kecamatan Torgamba Kabupaten Labusel, dan dampak yang ditimbulkan dari kecanduan game online tersebut terhadap kewajibannya sebagai kepala keluarga, serta bagaimana hukum bermain gameonline yang ditinjau dari maqhasid syari’ah. Penelitian yang digunakan dari jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik kualitatif. Data yang diperoleh berupa data primer berasal dari tinjauan lapangan yaitu wawancara serta dokumentasi foto sebagai bukti. Data sekunder diperoleh dari beberapa jurnal dari penelitian terdahulu dan buku-buku yang bersangkutan dan telah diterbitkan 5 tahun terakhir. Hasil penelitian yang peroleh yaitu realitas kecanduan game online yang dialami para suami di Kecamatan Torgamba cenderung membawa dampak negatif. Berdasarkan Maqhasid Syari’ah hukum kecanduan game online yang membawa mafsadat terhadap suami karena game online ini bertentangan dengan lima prinsip Maqhasid Syari’ah yaitu menjaga agama menjaga jiwa, menjaga akal,menjaga keturunan, serta menjaga harta.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecanduan, Game Online, Hukum Maqhasid Syari’ah, Suami
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ahwal Syakhshiyyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 13 Dec 2023 04:43
Last Modified: 13 Dec 2023 04:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21516

Actions (login required)

View Item View Item