Sumarno, Sumarno (2011) Implementasi Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Di Smp Muhammadiyah 3 Medan Selayang. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.
|
Text
COVER.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (546kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dan menentukan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Disinilah diperlukan kemampuan kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajemen pendidikan untuk meningkatkan kinerja guru dan tenaga pendidikan yang ada di sekolah, sehingga visi, misi, dan tujuan sekolah dapat diwujudkan. Dalam kontek ini kepala sekolah memiliki kewenangan dalam meningkatkan kinerja guru dan tenaga pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dan tenaga pendidikan serta bagaimana hasilnya di SMP Muhammadiyah-3 Medan Selayang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan mengambil lokasi penelitian di SMP Muhammadiyah-3 Medan Selayang. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, obsevasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara mendiskrifsikan problematika, dan mencari pola-pola hubungan, menemukan apa saja yang dianggap penting dan dipelajari, serta memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain. Analisis data dilakukan sejak peneliti berada di lapangan, sewaktu pengumpulan data, dan setelah semua data terkumpul atau setelah selesai di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Implementasi manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja di SMP Muhammadiyah-3 Medan Selayang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. 2. Hasil dari implementasi manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dan tenaga pendidikan di SMP Muhammadiyah-3 Medan Selayang belum sepenuhnya efektif. Khususnya ii untuk tenaga administrasi, guru bimbingan dan penyuluhan (BP), tenaga labolatorium IPA, dan tenaga perpustakaan. Oleh karena itu peranan Majelis Dikdasmen Perguruan dan kepala sekolah perlu dimaksimalkan. Sedangkan untuk tenaga pendidikan (guru) sudah berjalan efektif dan memenuhi kualifikasi serta kompetensi yang diharapkan, begitu juga dengan kinerja yang dilakukan. 3. Faktor utama kurang maksimalnya kinerja tenaga administrasi, karena tenaga yang ada tidak sebanding dengan jumlah siswa dan guru yang ada. Guru bimbingan dan penyuluhan, karena belum adanya tenaga khusus guru bimbingan dan penyuluhan. Sedangkan tenaga labolatorium IPA, dan perpustakaan, karena mereka bukanlah petugas yang mempunyai kualifikasi dan kompetensi khusus pada bidangnya serta mereka belum pernah mengikuti pendidikan maupun pelatihan. 4. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dan tenaga pendidikan dilakukan dengan cara: pengadaan guru dan tenaga pendidikan, pembinaan disiplin, pemberian motivasi, penghargaan (riward), dan persepsi
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Imran Benawi |
Date Deposited: | 12 Feb 2016 02:48 |
Last Modified: | 12 Feb 2016 03:44 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/215 |
Actions (login required)
View Item |