EFEKTIVITAS PERATURAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 1 TAHUN 2019 TENTANG ELECTRONIC LITIGATION DI ERA PANDEMI COVID-19 DALAM KONSEP MASLAHAH MURSALAH

SAHFITRI, ADENITA (2022) EFEKTIVITAS PERATURAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 1 TAHUN 2019 TENTANG ELECTRONIC LITIGATION DI ERA PANDEMI COVID-19 DALAM KONSEP MASLAHAH MURSALAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA.

[img] Text
1__Cover.pdf

Download (560kB)
[img] Text
2__BAB_I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
3__BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4__BAB_III.pdf

Download (351kB)
[img] Text
5__BAB_IV.pdf

Download (288kB)
[img] Text
6__BAB_V.pdf

Download (63kB)
[img] Text
7__Daftar_Pustaka_dan_Lampiran.pdf

Download (448kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Efektivitas Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Electronic Litigation di Era Pandemi Covid-19 Dalam Konsep Maslahah Mursalah (Studi Kasus di Pengadilan Agama Sei Rampah). Merupakan penelitian hukum empiris yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analitik. Penulis membatasi menjadi tiga permasalahan pertama mengenai keefektivan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2019, kemudian bagaimana keefektivan nya dimasa pandemic covid-19 dan dihubungkan dengan konsep Maslahah Mursalah, dalam hal ini penulis meneliti di kantor Pengadilan Agama Sei Rampah. Setelah penulis meneliti dan telah melakukan wawancara pada beberapa informan dapat disimpulkan bahwa Mahkamah Agung Republik Indonesia mengeluarkan peraturan tersebut demi untuk sebuah kemaslahatan masyarakat atau pihak yang berperkara agar bisa lebih sederhana, cepat dan berbiaya ringan sesuai dengan pasal 2 ayat 4 UU No 48 tahun 2009 tentang kekuasaan kehakiman. Terlebih lagi pada masa pandemic covid-19 ini bisa menjadi penyelesaian atas perintah dari pemerintah untuk tidak adanya perkumpulan seperti hal nya perkumpulan untuk menunggu antrian persidangan, yang akan mengakibatkan cepat tersebarnya penyakit yang menular tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa elektronic litigation kurang efektif penerapannya di Pengadilan Agama Sei Rampah dengan berbagai kendala, terkait masyarakat yang menggugat di pengadilan Agama Sei Rampah kurang memahami dalam penggunaan teknologi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: elektronik Litigation, Covid-19, Maslahah Mursalah
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 344 Social, labor, welfare, and related law
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Hukum Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Amrul Ahyar
Date Deposited: 30 Dec 2023 18:09
Last Modified: 30 Dec 2023 18:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21487

Actions (login required)

View Item View Item