Analisis Penerapan Hygiene Sanitasi Pengolahan Makanan di Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Aisyiyah Pariaman Sumatera Barat

Sari, Ayu Permata and Nanda, Meutia (2023) Analisis Penerapan Hygiene Sanitasi Pengolahan Makanan di Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Aisyiyah Pariaman Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Islam Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_Ayu_Permata_Sari-1.pdf

Download (773kB)
[img] Text
BAB_I_Ayu_Permata_Sari-1.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB_II_Ayu_Permata_Sari-1.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB_III_Ayu_Permata_Sari-1.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB_IV_Ayu_Permata_Sari-1.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB_V_Ayu_Permata_Sari-1.pdf

Download (141kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_Ayu_Permata_Sari-1.pdf

Download (160kB)

Abstract

Higiene sanitasi makanan adalah upaya untuk mengendalikan faktor tempat, peralatan, orang dan bahan makanan yang dapat atau mungkin dapat menimbulkan gangguan kesehatan, penyakit atau keracunan makanan. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis penerapan hygiene sanitasi pengolahan makanan di Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Aisyiyah Pariaman Sumatera Barat. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan pada Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Aisyiyah Pariaman Sumatera Barat. Informan pada penelitian ini ialah Kepala Instalasi Gizi, Penanggung Jawab Higiene Dan Sanitasi Penyelenggaraan Makanan, Penanggung Jawab Pengadaan Bahan Makanan, Penanggung Jawab Penerimaan Bahan Makanan, Penanggung Jawab Penyimpanan Bahan Makanan, Penanggung Jawab Persiapan Pengolahan Dan Penanggung Jawab Penyelenggaraan Makanan. Metode pengukuran yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan observasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Aisyiyah Pariaman Sumatera Barat pada bahan makanan dan penyajian makanan sudah memenuhi syarat kesehatan. Penyimpanan bahan makanan belum memenuhi syarat kesehatan yaitu pada suhu penyimpanan, pengolahan makanan belum memenuhi syarat kesehatan yaitu pada bagian penjamah makanan, tempat pengolahan makanan belum memenuhi syarat kesehatan yaitu tidak memiliki sungkup dan cerobong asap, penyimpanan makanan jadi/masak belum memenuhi syarat kesehatan yaitu pengangkutan makanan belum memenuhi syarat kesehatan yaitu tidak adanya jalur khusus pengangkutan makanan. Masih terdapat beberapa persyaratan yang belum dilakukan sesuai dengan Permenkes No.1096/Menkes/Per/VI/2011.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hygiene Sanitasi Makanan, Instalasi Gizi, Penarapan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Nur Fauziah Utami
Date Deposited: 12 Dec 2023 11:20
Last Modified: 12 Dec 2023 11:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21482

Actions (login required)

View Item View Item