Kedudukan Hukum Alas Hak Sebagai Alat Bukti Kepemilikan terhadap Tanah Masyarakat Perspektif Wahbah Az-Zuhaili: Studi Kasus Dusun Tanjung Marulak Desa Huta Godang Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan

NASUTION, WAHYUNI and TARIGAN, TETTY MARLINA (2024) Kedudukan Hukum Alas Hak Sebagai Alat Bukti Kepemilikan terhadap Tanah Masyarakat Perspektif Wahbah Az-Zuhaili: Studi Kasus Dusun Tanjung Marulak Desa Huta Godang Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah. pp. 890-904. ISSN 2656-4351 (Submitted)

[img] Text
Jurnal_Wahyuni_Nasution.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai status dan keabsahan hak yang diwakili oleh sertifikat tanah sebagai bukti kepemilikan tanah. Warga Dusun Tanjung Marulak secara hukum berhak mendapatkan surat keterangan dari Bupati alias SK-Bupati sebagai bukti kepemilikan harta bendanya. Sertifikat Tanah (SKT) adalah surat tertulis milik pribadi yang menetapkan kepemilikan sebidang tanah tetapi belum bersertifikat; bobot pembuktiannya tidak menunjukkan keaslian akta tersebut. Di Indonesia, masih banyak masyarakat yang meyakini bahwa sertifikat tanah mempunyai bobot hukum yang sama dengan sertifikat lainnya, khususnya di Dusun Tanjung Marulak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kedudukan dan legitimasi hak atas sertifikat tanah sebagai bukti kepemilikan tanah dalam sistem hukum pertanahan. Peneliti menggunakan penelitian hukum normatif dalam penelitian ini yang dilengkapi dengan wawancara. Menurut undang-undang saat ini, penyelidikan ini menyelidiki dan menganalisis data primer dan data sekunder. Penelitian literatur di perpustakaan dan penelitian lapangan di lapangan sama-sama digunakan untuk mengumpulkan seluruh data. Penelitian ini bersifat kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, Sertifikat Tanah yang diterbitkan oleh Bupati Dusun Tanjung Marulak melalui Petikan Surat Nomor 69/DA/HML/LB/1980 merupakan bukti sah kepemilikan tanah.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan, Surat Keterangan Tanah, Wahbah Az-Zuhaili
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases
Pengguna yang mendeposit: Mr. Amrul Ahyar
Date Deposited: 30 Dec 2023 17:36
Last Modified: 30 Dec 2023 17:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21431

Actions (login required)

View Item View Item