Penerapan Sistem Pengelolaan Limbah Medis di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Pirngadi Kota Medan

Agpina, Pipi (2023) Penerapan Sistem Pengelolaan Limbah Medis di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Pirngadi Kota Medan. Health Information : Jurnal Penelitia, 15.

[img] Text
Supp-e947-VOR.pdf

Download (189kB)

Abstract

Rumah sakit memiliki peran penting dalam menyediakan pelayanan kesehatan, namun limbah medis yang dihasilkan dapat menimbulkan risiko kesehatan dan merusak lingkungan jika tidak dikelola dengan baik. Limbah medis ini terdiri dari berbagai jenis, termasuk jarum suntik, bahan kimia, limbah infeksius, dan limbah farmasi yang tidak terpakai. Jika tidak dikelola dengan baik, limbah medis tersebut dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi pasien, tenaga medis, serta merusak lingkungan sekitarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitian di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Pirngadi di Kota Medan. Waktu penelitian dilakukan di bulan maret - juni 2023, Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data primer yang dijadikan sumber data dalam penelitian ini adalah hasil wawancara kepada 7 (tujuh) orang Informan dari petugas cleaning servies yang bekerja di RSUD Dr. Pirngadi Kota Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan limbah medis di rumah sakit tersebut melalui tahap pemilahan, pengangkutan, dan pemusnahan. Limbah medis dipilah menggunakan tong sampah berwarna kuning, kemudian diangkut ke tempat pembuangan sementara menggunakan tong sampah tertutup. Pemusnahan limbah medis dilakukan melalui incinerator dengan suhu 1200ºC. Sistem pengelolaan limbah medis yang dikembangkan diharapkan dapat menjadi acuan bagi rumah sakit lain dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan limbah medis serta menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat sekitar rumah sakit.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 628 Sanitary and municipal engineering
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Sella Octavia
Date Deposited: 10 Dec 2023 08:18
Last Modified: 10 Dec 2023 08:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21367

Actions (login required)

View Item View Item