MANAJEMEN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN MINAT CALON JAMAAH HAJI DAN UMROH PADA PT. AMEERA MEKKAH KOTA MEDAN

Rozzaku, Khoir and Ritonga, Hasnun Jauhari (2023) MANAJEMEN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN MINAT CALON JAMAAH HAJI DAN UMROH PADA PT. AMEERA MEKKAH KOTA MEDAN. Al-Mada. pp. 574-585. (Submitted)

[img] Text
NEW_KHOIR_ROZAKKU.pdf

Download (862kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pelayanan yang dilakukan PT. Ameera Mekkah dalam meningkatkan minat calon jamaah haji dan umroh. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menyediakan penelitian dalam bentuk deskriptif. Data diambil dari wawancara dan observasi yang dilakukan oleh peneliti. Teknik pengabsahan data terdiri dari tiga macam yaitu Triangulasi sumber, Triangulasi teknik, Triangulasi waktu. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik induktif yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pelayanan yang di gunakan PT. Ameera Mekkah Travel ini adalah dengan menerapkan fungsi manajemen yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Perencanaan PT. Ameera Mekkah Travel bisa ditingkatkan dengan fokus pada pencapaian minimal 6.000 jamaah setiap tahun. Koordinasi di antara divisi-divisi dalam perusahaan ini sangat penting, dimana masing�masing divisi melapor kepada General Manager. Pengawasan di PT. Ameera Mekkah Travel dilakukan oleh Komisaris PT. Ameera Mekkah Travel melalui metode pengawasan langsung maupun tidak langsung. Layanan yang disediakan oleh PT. Global Inspira Indonesia mencakup pendaftaran, konsumsi, kesehatan, transportasi, dan penginapan. Pendekatan manajemen PT. Ameera Mekkah ini didasarkan pada kerja sama dengan Kementerian Agama untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji dan umroh di setiap provinsi.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pelayanan, Pelayanan, Haji dan Umroh
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Pengguna yang mendeposit: Mr. Amrul Ahyar
Date Deposited: 30 Dec 2023 17:32
Last Modified: 30 Dec 2023 17:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21336

Actions (login required)

View Item View Item