ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI ATAS BAGI HASIL DARI PENJUALAN BERSIH (NET SALES) DI PT. TUAH GLOBE MINING

ARDENA, DINDA (2023) ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI ATAS BAGI HASIL DARI PENJUALAN BERSIH (NET SALES) DI PT. TUAH GLOBE MINING. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (746kB)

Abstract

Dalam menjalankan kerjasama usaha adanya perjanjian sistem bagi hasil yang akan diperoleh atas keuntungan dari hasil penjualan batubara. Besarnya bagi hasil yang diperoleh haruslah saling menguntungkan kedua belah pihak. Adapun dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi akuntansi terhadap biaya operasional penambangan dan sistem bagi hasil dari penjualan bersih atas kerjasama usaha, tatacara pembagian hasil dalam laporan keuangan yang berfungsi sebagai sistem informasi akuntansi, serta bagaimana bagi hasil penjualan dalam menyelesaikan beban pajak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di PT. Tuah Globe Mining. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Penulis akan menyampaikan hasil penelitian ke dalam bentuk deskripsi atau penjelasan yang mudah untuk dipahami. Metode yang penulis gunakan dalam mencari data adalah dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa penerapan sistem bagi hasil yang diterapkan oleh PT. Tuah Globe Mining dan PT. Kutama Mining Indonesia pada kerjasama usaha penambangan batubara adalah menggunakan metode revenue sharing. Pembagian keuntungan ini dilakukan dengan cara penjualan bersih akan dikurangkan dengan beban pengelola usaha dengan mekanisme penerbitan tagihan atau invoice. Adapun pembagian hasil tersebut akan diterapkan dalam laporan keuangan perusahaan. Dengan demikian untuk menghitung dan menyelesaikan beban pajak PT. Tuah Globe Mining akan melaporkan penjualan dalam SPT Tahunan Badan sebagaimana diatur dalam UU PPh, UU Cipta Kerja, dan UU Harmonisasi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Akuntansi, Sistem bagi hasil, dan Penjualan bersih.
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Sella Octavia
Date Deposited: 10 Dec 2023 02:42
Last Modified: 10 Dec 2023 02:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21322

Actions (login required)

View Item View Item