Pengembangan Modul Biologi Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Konsep Wahdatul Ulum (Unity of Knowledge) pada Materi Perubahan Lingkungan

Laksmana, Bima Dwi (2022) Pengembangan Modul Biologi Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Konsep Wahdatul Ulum (Unity of Knowledge) pada Materi Perubahan Lingkungan. Skripsi thesis, North Sumatra State Islamic University, Medan.

[img] Text
skripsi Bima Dwi Laksmana.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul biologi berbasis problem based learning terintegrasi konsep wahdatul ulum (unity of knowledge) pada materi perubahan lingkungan yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) menggunakan model 4-D dengan langkah yaitu 1) Define; 2) Design; 3) Development; dan 4) Disseminate. Batasan dalam penelitian ini adalah dalam tahap penyebaran dilakukan penyebaran terbatas hanya pada subjek penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah MAS Tahfizhil Qur'an Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. Berdasarkan hasil penelitian, modul yang dikembangkan mendapatkan skor rata-rata 93,65% dari validator sehingga modul dikategorikan sangat valid. Uji coba kepraktisan penggunaan modul dilakukan oleh guru dan peserta didik dengan hasil respon dari guru sebesar 81,43% dengan kategori baik serta hasil respon peserta didik sebesar 77,87% dengan kategori baik sehingga modul yang dikembangkan memiliki kepraktisan penggunaan dengan kategori baik. Berdasarkan hasil uji kefektifan dengan menggunakan N-Gain score diperoleh nilai sebesar 0,69 pada hasil belajar peserta didik sehingga dapat dikategorikan modul efektif dalam meningkatkan hasil belajar dengan tingkat sedang. Melalui hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul biologi berbasis problem based learning terintegrasi konsep wahdatul ulum (unity of knowledge) pada materi perubahan lingkungan dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul, problem based learning, wahdatul ulum, perubahan lingkungan.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Nur Arisyah Lubis
Date Deposited: 10 Dec 2023 10:06
Last Modified: 10 Dec 2023 10:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21301

Actions (login required)

View Item View Item