PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN PKn SEKOLAH DASAR NEGERI 115456 PASAR BILAH KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA

Emalia, Tengku (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN PKn SEKOLAH DASAR NEGERI 115456 PASAR BILAH KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA. Skripsi thesis, North Sumatra State Islamic University, Medan.

[img] Text
Tengku Emalia.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Sekolah Dasar Negeri 115456 Pasar Bilah”. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif metode eksperimen dengan desain Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 114546 Pasar Bilah yang berjumlah 26 orang. penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Total Sampling. Berdasarkan teknik tersebut, maka diperoleh kelas IIIA sebagai kelas eksperimen (dengan pembelajaran daring) dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol (dengan pembelajaran konvensional). Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-test. Temuan penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan pembelajaran daring terhadap hasil belajar PKn siswa SDN 115456 Pasar Bilah. Hasil belajar siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata 76.67 sedangkan hasil belajar siswa kelas kontrol 74.55 Terdapat Pengaruh yang signifikan Pembelajaran Daring terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji-t dimana diperoleh nilai signifikan 0,00 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran Daring kelompok eksperimen dan kontrol.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring, hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Nur Arisyah Lubis
Date Deposited: 11 Dec 2023 18:00
Last Modified: 11 Dec 2023 18:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21299

Actions (login required)

View Item View Item