ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PELAKSANAAN APBD DESA PADA PEMERINTAHAN DESA SIHUIK – HUIK KECAMATAN ANGKOLA SELATAN KABUPATEN TAPANULI SELATAN

Siagian, Sofia Anggreni (2023) ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PELAKSANAAN APBD DESA PADA PEMERINTAHAN DESA SIHUIK – HUIK KECAMATAN ANGKOLA SELATAN KABUPATEN TAPANULI SELATAN. Skripsi thesis, State Islamic University of North Sumatera.

[img] Text
COVER_SKRIPSI (1).pdf

Download (807kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis penerapan sistem informasi akuntansi pelaksanaan ABBDes yang dilaksanakan oleh Pemerintahan Desa Sihuik – Huik. Untuk memahami dan menganalisis kendala dan saran pada penerapan sistem informasi akuntansi pelaksanaan ABBDes yang dilaksanakan oleh Pemerintahan Desa Sihuik – Huik. Dilihat dari ragam data dan penelitian ini menerapkan penelitian deskriptif kualitatif, penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menghasilkan data penjelasan berbentuk kata – kata tercatat atau lisan dari individu – individu serta perilaku yang dipelajari. Hasil penelitian membuktikan bahwasanya akuntabilitas mengenai keamanan data informasi laporan pelaksanaan APBDes Desa Sihuik – Huik sudah sesuai dengan sistem informasi akuntansi yang baik sebab data disimpan dalam komputer kantor dan hanya bisa dibuka pihak terbatas. Akuntabilitas ketepatan waktu menyampaikan informasi pelaksanaan APBDes Desa Sihuik – Huik belum sesuai dengan sistem informasi akuntansi yang baik sebab masih mengalami keterlambatan dalam menyusun dan menyampaikan informasi pada penduduk sesuai jangka waktu yang ditetapkan. Efektivitas ketelitian penyusunan data laporan pelaksanaan APBDes Desa Sihuik – Huik telah sesuai dengan sistem informasi akuntansi yang baik. Transparansi variasi laporan pelaksanaan APBDes yang dipakai Pemerintahan Desa Sihuik – Huik sudah sesuai dengan sistem informasi akuntansi yang baik. Transparansi relevan data yang diberikan dan dilaporkakan Pemerintah Desa Sihuik – Huik mengenai pelaksanaan APBDes sudah sesuai dengan sistem informasi akuntansi yang baik sebab data yang dilaporkan relevan dengan data anggaran yang ditentukan. Sesuai dengan hasil penelitian maka diberikan saran pada Pemerintahan Desa Sihuik – Huik agar melaksanakan pelatihan khusus kepada aparatur desa yang bekerja dalam menyusun laporan pelaksanaan APBDes dan memajukan persatuan diantara aparatur desa pada saat penyusunan laporan pelaksanaan APBDes.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 350 Public administration > 352 Of local governments
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Pengguna yang mendeposit: Mr. Andika Putera Inshani
Date Deposited: 09 Dec 2023 10:32
Last Modified: 09 Dec 2023 10:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21279

Actions (login required)

View Item View Item