Strategi Bimbingan Agama Perkumpulan Majelis Taklim Indonesia Dalam Memotivasi Beribadah Ibu-Ibu Di Kecamatan Medan Marelan,

Armaina, Armaina (2022) Strategi Bimbingan Agama Perkumpulan Majelis Taklim Indonesia Dalam Memotivasi Beribadah Ibu-Ibu Di Kecamatan Medan Marelan,. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
cover_skripsi_armaina.pdf

Download (923kB)
[img] Text
BAB_I_Skripsi_Armaina.pdf

Download (537kB)
[img] Text
BAB_II_Skripsi_Armaina.pdf

Download (742kB)
[img] Text
BAB_III_Skripsi_Armaina.pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB_IV_Skripsi_Armaina.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V_Skripsi_Armaina.pdf

Download (320kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka_Skripsi_Armaina.pdf

Download (687kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untk mengetahui strategi Bimbingan Agama perkumpulan majelis taklim Indonesia dalam Memotivasi beribadah ibu-ibu, materi dan Program yang diberikan serta stimulus dan respon dari ibu-ibu di Kecamatan Medan Marelan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif. Pada penelitian ini terdapat 7 orang informan yang terdiri dari 3 orang pengurus Perkumplan majelis taklim Indonesia serta 4 orang anggota. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian kualitatif dengan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini didapat bahwa (1) terdapat beberapa strategi dalam memotivasi ibu�ibu diKecamatan Medan Marelan seperti melakukan pengajian rutin sepakan sekali, tadarus Al Qur’an, sholat berjama’ah selama mengikuti kegiatan perkumpulan majelis taklim Indonesia. (2) materi dan Program yang diberikan tidak ada materi khusus untuk disampaikan tetapi semua materinya sesuai dengan rukum iman dan islam, tetapi perkumpulan majelis taklim Indonesia sendiri lebih sering mengangkat tema-tema tentang perkembangan zaman yang sangat diperbincangkan di khalayak ramai, khususnya tentang peran wanita, peranibu dan lain sebagainya. Programnya terdiri dari bakti social serta peringatan hari besar islam. (3) stimulus dan respon yang didapatkan oleh ibu-ibu meliputi ibu-ibu sudah paham mengenai ilmu agama, melaksanakan shalat tepat waktu dan shalat lima waktu, sudah bisa membaca alquran dengan baik dan benar dan masih banyak lagi hal positif yang didapat ibu-ibu setelah mengikuti PMTI.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 201 Philosophy of Christianity
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Dzakkiyah Addawiyah Marpaung
Date Deposited: 09 Dec 2023 10:07
Last Modified: 16 Dec 2023 08:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21274

Actions (login required)

View Item View Item