Strategi Guru Bk Dalam Melaksanakan Kunjungan Rumah Pada Masa Pandemi Di Smp Negeri 1 Simeulue Tengah Tahun Ajaran 2020/2021

SETIAWAN, ARLIS (2023) Strategi Guru Bk Dalam Melaksanakan Kunjungan Rumah Pada Masa Pandemi Di Smp Negeri 1 Simeulue Tengah Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
cover (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_II_compressed.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (694kB)
[img] Text
BAB_IV_compressed.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (233kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (910kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Simeulue Tengah . Adapun tujuannya adalah 1). Untuk mengetahui Bagaimana Stategi layanan BK yang ada di SMP N 1 Simeulue Tengah. 2). Untuk mengetahui bagaimana dampak pandemic covid-19 terhadap strategi layanan kunjungan rumah BK di SMP Negeri 1 Simeulue Tengah. 3). Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat bagi guru BK dalam menjalankan kunjungan rumah dalam masa Pandemi di SMP Negeri 1 Simeulue Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif yang bertuajuan untuk manggambarkan, menuliskan serta menjelaskan secara rinci permasalahan yang akan diteliti serta mempelajari semaksimal mungkin seorang individu, suatu kelompok atau suatu kejadian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengamatan langsung/observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan sebagai penguji keabsayahan data menggunakan data primer dan data sekunder. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian yang telah dilakukan:1). Strategi layanan yang selama ini di lakukan oleh guru BK di SMP Negeri 1 Simeulue Tengah, layanan bimbingan dan konseling yang diterapkan di SMP Negeri 1 Simeulue Tengah telah berhasil meningkatkan motivasi siswa dan kinerja akademik mereka. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa layanan bimbingan dan konseling dapat meningkatkan konformitas sosial siswa dan mengurangi tingkat kecemasan. 2). Dampak covid-19 terhadap pelaksanaan layanan kunjungan rumah yang dilakukan guru BK padamasa pandemi Covid-19 telah sedikit mengubah strategi layanan konseling kunjungan rumah di SMP Negeri 1 Simeulue Tengah. Strategi layanan konseling alternatif yang didasarkan pada teknologi informasi memungkinkan SMP Negeri 1 Simeulue Tengah untuk tetap terhubung dengan orang tua siswa dan menyediakan layanan konseling yang efektif. 3). Faktor yang menjadi pendukung di laksanakannya kunjungan rumah yakni adanya pendampingan, dukungan dari pihak sekolah, keterbukaan orang tua siswa, pengalaman dan pengetahuan guru, serta motivasi. Faktor yang menghambat guru dalam melakukan kunjungan rumah adalah masalah waktu, keterbatasan komunikasi, kurangnya dukungan dari pihak sekolah, faktor ekonomi, dan kurangnya motivasi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi BK, Layanan Kunjungan Rumah, dan Masa Pandemi
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Dzakkiyah Addawiyah Marpaung
Date Deposited: 09 Dec 2023 09:48
Last Modified: 09 Dec 2023 09:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21263

Actions (login required)

View Item View Item