Metode Komunikasi Konseling Islami Dalam Pemulihan Kondisi Emosi Anak Yang Mengalami Pencabulan Di DPPPAPM Kota Tebing Tinggi

Zainun, Zainun and Siregar, Mutiara Azizah (2023) Metode Komunikasi Konseling Islami Dalam Pemulihan Kondisi Emosi Anak Yang Mengalami Pencabulan Di DPPPAPM Kota Tebing Tinggi. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol 7 (No 3). pp. 683-696. ISSN 2541-6782 , 2580-6467 (Tidak diterbitkan (Unpublished) )

[img] Text
33_+Mutiara+azizah.pdf

Download (681kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi bagaimana metode pemulihan dilakukan terhadap kondisi anak yang mengalami kekerasan seksual. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif melibatkan informan dalam mengumpulkan data korban dan psikolog yang menangani kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Alat instrumen yang gunakan ialah hasil data lapangan dan informan sebagai narasumber. Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa adanya tingkat trauma anak yang berbeda-beda, maka metode pemulihan dilakukan dengan menyeimbangkan hobi, kemampuan dan usia anak diantaranya melalui terapi bermain dan CBT serta memerlukan teknik square breathing dan grounding digunakan sesuai kondisi anak. Lebih lanjut, dukungan sosial keluarga mempengaruhi faktor keberhasilan konseling. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu, kasus kekerasan seksual pada anak dibawah umur, menjadikan orang tua dan masyarakat agar mengoptimalisasikan seks edukasi untuk meminimalisir kasus pentingnya anak berani spek up terhadap ancaman maupun tindakan kekerasan seksual, agar tidak menjadi penyesalahan anak dan keluarga dimasa depan.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: kekerasan seksual, anak, pemulihan, emosi, komukasi konseling islam
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 177 Ethics of social relations
300 Social sciences > 320 Political science > 322 Relation of state to organized groups
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Tias Andini
Date Deposited: 09 Dec 2023 08:55
Last Modified: 09 Dec 2023 08:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21248

Actions (login required)

View Item View Item