Cindy, Amelia and Mahariah, Mahariah (2023) Praktik Pendidikan Generasi Qur’ani Era Milenial di Rumah Qur’an Al-Falah Galang. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 5 (No 4). pp. 453-462. ISSN 2656-7555 , 2747-089X
Text
Jurnal_Ameilia_Cindy_UINSU.pdf Download (420kB) |
Abstract
Ditengah kehidupan sehari-hari, telah ditemukan banyak kekhawatiran orangtua terhadap kualitas kecerdasan emosional, intelektual dan spiritual anak. Seperti adanya kesenjangan orang tua yang mengharapkan adanya sifat Qur’ani terhadap anak di sekolah, namun kenyataannya sekolah tidak mampu menampung harapan orangtua, berkemungkinan karena sekolah tidak hanya tempat al- Qur’an pelajaran, sehingga porsi harapan terkadang tidak terpenuhi, jumlah siswa yang banyak, tidak berbanding oleh guru untuk mengakomodir. Dalam lingkungan sosial anak di era milenial seringnya jauh sekali dari karakter yang Qur’ani, hal ini menjadi penyebab anak mengikuti arus lingkungan yang negatif. Tujuan penelitian ini berfokus terhadap implementasi orientasi, program dan capaian pembelajaran dalam membentuk generasi Qur’ani di era milenial. Penelitian ini dilakukan di Rumah Qur’an Al-Falah, Lingkungan II, Galang Kota, Kec. Galang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data pada penelitian ini yakni pendiri, guru, siswa dan orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pembelajaran di Rumah Qur’an Al-Falah dapat berjalan dengan optimal, yang didukung oleh orientasi dan capaian pembelajaran yang dilakukan oleh para guru.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktik Pendidikan; Generasi Qur’ani; Era Milenial. |
Subjects: | 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Tias Andini |
Date Deposited: | 09 Dec 2023 07:28 |
Last Modified: | 09 Dec 2023 07:28 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21231 |
Actions (login required)
View Item |