ETNOMATEMATIKA: PENGENALAN BANGUN RUANG MELALUI KONTEKS MUSEUM NEGERI SUMATERA UTARA

Sipahutar, Wulan and Reflina, Reflina (2023) ETNOMATEMATIKA: PENGENALAN BANGUN RUANG MELALUI KONTEKS MUSEUM NEGERI SUMATERA UTARA. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12 (1). p. 10. ISSN 2442-5419

[img] Text
DOC-20230519-WA0001_.pdf

Download (789kB)

Abstract

Matematika dan Budaya merupakan dua hal yang saling berhubungan. Matematika dalam budaya disebut dengan etnomatematika. Etnomatematika merupakan wadah untuk menjembatani matematika dengan konteks budaya lokal. Tujuan penelitian ini yaitu mengeksplorasi konsep etnomatematika yang terdapat pada bangunan bersejarah yang ada di kota medan yaitu Museum Negeri Sumatera Utara khusunya pada materi bangun ruang yang terdapat pada ornamen dan seni arsitektur pada bangunan Museum Negeri Sumatera Utara. Jenis Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan datanya berupa dokumentasi, observasi dan wawancara bersama petugas museum. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat eksplorasi etnomatematika pada bangunan dan ornament yang ada di museum negeri Sumatera utara terkhusus materi bangun ruang seperti : kubus, balok, limas, trapezium, tabung dan bola yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran kontekstual di sekolah.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Bangun ruang, etnomatematika, konteks, museum negeri sumatera utara
Subjects: 2X9 SEJARAH ISLAM DAN BIOGRAFI > 2X9.9 Aspek sejarah lainnya
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Nur Arisyah Lubis
Date Deposited: 09 Dec 2023 06:48
Last Modified: 09 Dec 2023 06:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21216

Actions (login required)

View Item View Item