Analisis Penerapan Sistem dan Prosedur Akuntansi Dalam Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Desa Sukaramai Kec. Sei Balai Kabupaten Batu Bara

Ruliana, Ruliana (2023) Analisis Penerapan Sistem dan Prosedur Akuntansi Dalam Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Desa Sukaramai Kec. Sei Balai Kabupaten Batu Bara. Skripsi thesis, North Sumatra State Islamic University, Medan.

[img] Text
SKRIPSI Ruliana.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaiman penerapan sistem dan prosedur akuntansi yang diterapkan di kantor Desa Sukaramai. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem dan prosedur akuntansi dalam pengelolaan keuangan di Desa Sukaramai sudah sesuai dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018. Hanya saja pada sistem akuntansi para aparat Desa memiliki sumber daya manusia yang kurang sehingga mengalami kesulitan untuk mengelola sistem akuntansi. Kemudian pada prosedur akuntansi pada Kantor Desa Sukaramai mengalami kesalahan pencatatan dalam pelaporan realisasi anggaran pada Tahun 2020. Meskipun pihak Desa telah mengikuti pelatihan yang diadakan baik itu dari pihak Kecamatan maupun dari Bupati aparat Desa tetap mengalami kesulitan dalam hal sistem akuntansi. Walaupun begitu aparat Desa Sukaramai tetap berusaha dan berupaya agar bekerja secara optimal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : Sistem akuntansi, prosedur akuntansi, pengelolaan keuangan desa
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Nur Arisyah Lubis
Date Deposited: 09 Dec 2023 06:18
Last Modified: 09 Dec 2023 06:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21211

Actions (login required)

View Item View Item