METODE IJTIHAD MUI SUMUT TENTANG PENETAPAN HUKUM PENGGUNAAN PROTOKOL KESEHATAN PADA PELAKSANAAN SHALAT BERJAMAAH MASA PANDEMI COVID-19

Absor, Ulil (2023) METODE IJTIHAD MUI SUMUT TENTANG PENETAPAN HUKUM PENGGUNAAN PROTOKOL KESEHATAN PADA PELAKSANAAN SHALAT BERJAMAAH MASA PANDEMI COVID-19. Masters thesis, North Sumatra State Islamic University, Medan.

[img] Text
TESIS ULIL ABSOR.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Proses ijtihad Majelis UlamaIndonesia Sumatera Utara dalam memutuskan fatwa penetapan hukum protokolkesehatan dalam pelaksanaan shalat dan menjelaskan praktik pelaksanaan sholatberjamaah di masa pandemiCovid-19. Jenis penelitian yang digunakan didalamtesis ini Sesuai dengan objek kajiannyayang dituangkan di sini, maka penelitian yang dilakukan ini pada prinsipnya adalah penelitian kualitatif. , dalam hal iniadalah Mesjid dan masyarakat Muslim . Penelitian ini merupakan PenelitianEmpiris dengan pendekatan Case Approach dan Conseptual Approach. Hasil penelitian tesis ini yaitu berdasarkan analisa penulis melalui hasilwawancara dengan Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Propinsi SumateraUtara dan para pengurus BadanKemakmuran Mesjid dan jamaah mesjid bahwa pelaksanaan protokol kesehatan terlaksana walaupun ada pihak yang tidak setujudan kontra dalam melaksanakannya disebabkan kurangnya kesadaranmasyarakat akan bahaya pandemi . Adapun mengenai ijtihad yang digunakan oleh ulama, dalam hal ini MUI khususnya MUI Sumut yang diwakili oleh DewanKomisi Fatwa MUI Sumatera Utara bahwa metode ijtihad yang digunakanadalah Ijtihad Jama’I atau Ijtihad secara kolektif.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode ijtihad, protokol kesehatan, pandemi covid-19
Subjects: 2X0 ISLAM (UMUM) > 2X0.02 Islam dan Ilmu Pengetahuan
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Nur Arisyah Lubis
Date Deposited: 09 Dec 2023 06:17
Last Modified: 09 Dec 2023 06:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21207

Actions (login required)

View Item View Item