ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA LEMBAGA EKONOMI DESA (LED) DAN PEMBERDAYAAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA SEI BAMBAN KECAMATAN BATANG SERANGAN

Dwijaya, Reni (2023) ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA LEMBAGA EKONOMI DESA (LED) DAN PEMBERDAYAAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA SEI BAMBAN KECAMATAN BATANG SERANGAN. Skripsi thesis, State Islamic University of North Sumatera.

[img] Text
SKRIPSI_RENI_DWIJAYA_BAB_1.pdf

Download (482kB)
[img] Text
SKRIPSI_RENI_DWIJAYA_BAB_2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_RENI_DWIJAYA_BAB_3.pdf

Download (395kB)
[img] Text
SKRIPSI_RENI_DWIJAYA_BAB_4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_RENI_DWIJAYA_BAB_5.pdf

Download (574kB)
[img] Text
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_RENI_DWIJAYA_DAFPUS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sistem pelaksanaan Lembaga Ekonomi Desa (LED) Sumber Rezeki hampir sama dengan koperasi, sebelum peminjam mengambil dana dari LED peminjam menyerahkan persyaratan untuk meminjam dana Lembaga Ekonomi Desa. Penelitian ini bermaksud buat: 1). Untuk mengetahui efektivitas penggunaan dana Lembaga Ekonomi Desa (LED) oleh masyarakat di Desa Sei Bamban Kecamatan Batang Serangan. 2). Untuk mengetahui pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Sei Bamban Kecamatan Batang Serangan. 3). Untuk mengetahui tinjauan ekonomi islam terhadap efektivitas penggunaan dana Lembaga Ekonomi Desa (LED) oleh masyarakat di Desa Sei Bamban Kecamatan Batang Serangan. 4). Untuk mengetahui tinjauan ekonomi islam terhadap pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Sei Bamban Kecamatan Batang Serangan. Dalam penelitian ini metode yang dipakai yakni pendekatan deskriftif kualitatif serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil riset membuktikan: 1). Dana Lembaga Ekonomi Desa (LED) Sumber Rezeki digunakan untuk kegiatan usaha yang menghasilkan sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Sei Bamban. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan dana Lembaga Ekonomi Desa (LED) Sumber Rezeki oleh masyarakat di Desa Sei Bamban Kecamatan Batang Serangan cukup efektif . 2). Adanya dana Lembaga Ekonomi Desa (LED) Sumber Rezeki bermanfaat bagi masyarakat dikarenakan Lembaga Ekonomi Desa (LED) Sumber Rezeki meminjamkan uang pinjaman kepada masyarakat yang membutuhkan tambahan modal usaha, sehingga pendapatan masyarakat meningkat. 3). Penggunaan dana Lembaga Ekonomi Desa (LED) Sumber Rezeki oleh masyarakat di Desa Sei Bamban belum sesuai dengan syari‟ah islam. Karena Lembaga Ekonomi Desa (LED) Sumber Rezeki menggunakan sitem bunga dalam pelaksanaan pinjaman kepada nasabah. 4). Dalam pandangan islam pemberdayaan masyarakat dalam sektor ekonomi digunakan untuk merealisasikan kebahagiaan dunia dan akhirat, serta kehidupan yang baik dan terhormat. Pemberdayaan masyarakat menjadi bagian penting dalam islam, karena dengan melakukan hal itu umat islam telah memperaktikkan nilai-nilai kepedulian dari ajarannya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Andika Putera Inshani
Date Deposited: 08 Dec 2023 18:40
Last Modified: 09 Dec 2023 10:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21194

Actions (login required)

View Item View Item