Cahya, Bayu Tri (2017) Islamic Social report:ditinjau dari aspek Corporate Governance Strength, Media Exposure dan karakteristik perusahaan berbasis syariah di Indonesia serta dampaknya terhadap nilai perusahaan. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.
|
Text
DISERTASI BAYU TRI CAHYA 93314050520.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Islamic social reporting adalah pelaporan sosial yang tidak hanya melibatkan harapan secara holistik dari masyarakat mengenai peran perusahaannya tetapi juga pada perspektif spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh kekuatan tata kelola perusahaan, paparan media, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap sejauh mana pengungkapan islamic social reporting dan dampaknya terhadap nilai perusahaan. Untuk mengukur tingkat islamic social reporting, digunakan checklist yang telah dikembangkan berdasarkan peraturan terkait dan penelitian terdahulu. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dari perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) pada tahun 2012-2015. Ada 67 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan tata kelola perusahaan dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap tingkat pelaporan islamic social report. Namun ukuran perusahaan memiliki signifikansi negatif dan paparan media tidak berpengaruh signifikan terhadap laporan sosial Islam. Sementara, ISR mampu memediasi hubungan antara kekuatan tata kelola perusahaan, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Imran Benawi |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 08:52 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 08:52 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/2115 |
Actions (login required)
View Item |