Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Manfaat Digital Payment Sebagai Alat Pembayaran terhadap Perilaku Konsumtif Individu Dengan Digital Savvy sebagai Variabel Moderating

Safira, Rindi and Sugianto, Sugianto and Harahap, ahmat Daim (2023) Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Manfaat Digital Payment Sebagai Alat Pembayaran terhadap Perilaku Konsumtif Individu Dengan Digital Savvy sebagai Variabel Moderating. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5 (6). pp. 2859-2878. ISSN 2656-4351

[img] Text
Artikel_Rindi_Safira.pdf

Download (537kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan manfaat digital payment sebagai alat pembayaran terhadap perilaku konsumtif individu dengan digital savvy sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dalam analisis datanya dimana data bersumber dari hasil kuisioner yang telah disebarkan kepada para responden. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah penduduk kota Medan terutama yang berusia 18 -25 Tahun (Gen Z) dengan pengambilan sampel sebanyak 100 Responden. Untuk penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling yakni dengan menetapkan kriteria responden diantaranya penduduk berusia 18 - 25 Thn (Gen Z), berdomisili di kota Medan dan menggunakan digital payment. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan SPSS 25 dengan Regresi Linier Berganda serta Moderate Regression Analysis (MRA). Sesuai dengan uji yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa kepercayaan, kemudahan dan manfaat digital payment berpengaruh terhadap perilaku konsumtif . Dari uji data didapatkan bahwa nilai R square sebesar 0, 552 dapat disimpulkan bahwa variabel kepercayaan, kemudahan dan manfaat digital payment berkontribusi sebesar 55,2 % terhadap perilaku konsumtif sedangkan sisanya 44,8 %dipengaruhi oleh variabel lain. Uji MRA yang telah dilakukan juga membuktikan bahwa Digital Savvy Sebagai Variabel Moderating mampu mempengaruhi dan memperkuat hubungan antara variabel dengan hasil R square yang meningkat setelah dimoderasi.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Digital Payment; Perilaku Konsumtif; Digital Savvy; Perspektif Ekonomi Islam
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Mr. Andika Putera Inshani
Date Deposited: 07 Dec 2023 17:02
Last Modified: 07 Dec 2023 17:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21074

Actions (login required)

View Item View Item