Sosial Religius Dalam Perspektif Islam dan Kristen

Nafis, Mhd. Ad-Durrun and Kamaluddin, Kamaluddin and Ekowati, Endang (2023) Sosial Religius Dalam Perspektif Islam dan Kristen. Skripsi thesis, Universitas Negeri Islam Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER Water Mark.pdf

Download (637kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang sosial religius dalam perspektif Islam dan Kristen. Sehingga sosial religius dalam Islam dan Kristen mempunyai dua hal yang harus dipenuhi oleh pemeluknya yaitu tentang persoalan ibadah yang berkaitan dengan Tuhan dan selanjutnya yang berhungan dengan manusia, dalam hal ini relasi antar manusia, baik individu dengan individu maupun individu dengan kelompok. Pemahaman sosial religius terhadap agama akan menjadikan manusia mampu mengatur kehidupanya sebab di dalamnya di ajarkan tentang nilai-nilai moral untuk selalu berbuat kebaikan. Sosial religius dalam pandangn Islam dan Kristen sebagai peningkatan kualitas kehidupan sosial dalam beragama (social religious) yang ditandai dengan meningkatnya kualitas pemahaman dan pengamalan agama pada masyarakat, serta terwujudnya kehidupan sosial yang harmonis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana urgensi sosial religius dalam pandangan Islam dan Kristen serta mengetahui bagaimana persamaan dn perbedaan sosial religius dalam pandangan Islam dan Kristen. Penelitian ini peneliti menggunkan jenis riset kepustakaan (library research). Penelitin ini menggunakan metode pendekatan Sosiologi Agama. Pendekatan sosiologi agama adalah pendekatan yang membicarakan salah satu fenomena sosial, yakni agama sebagai manifestasi sosial. Adapun hasil penelitian ini bahwa Sosial religious merupakan suatu perbuatan yang berdasarkan kesadaran atau pendirian untuk memperhatikan kepentingan umum sesuai dengan aturan-aturan agama. Dalam Islam, sosial religius menekankan pentingnya menjalin hubungan yang baik antara individu dengan Allah dan sesama manusia. Sementara itu, dalam pandangan Kristen, sosial religius juga menekankan pentingnya hubungan individu dengan Tuhan dan sesama manusia. Kristen mengajarkan bahwa kasih merupakan prinsip utama dalam menjalani kehidupan sosial-religius. Pandangan Mukti Ali tentang sosial religius dalam Islam menekankan nilai-nilai solidaritas, keadilan sosial, tanggung jawab sosial, dan dialog antaragama. Dia menggambarkan pentingnya peran aktif umat Islam dalam masyarakat untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik dan harmonis berdasarkan ajaran Islam.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sosial Religius, Islam, Kristen
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Studi Agama-Agama > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Nur Fauziah Utami
Date Deposited: 06 Dec 2023 09:42
Last Modified: 06 Dec 2023 09:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20940

Actions (login required)

View Item View Item