ANALISIS PERAN KOPERASI SERBA USAHA SYARIAH DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI ANGGOTA (STUDI KASUS PADA KOPERASI SERBA USAHA SYARIAH BMT KUBE SEJAHTERA 001)

Siregar, Wardah Hinayah (2023) ANALISIS PERAN KOPERASI SERBA USAHA SYARIAH DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI ANGGOTA (STUDI KASUS PADA KOPERASI SERBA USAHA SYARIAH BMT KUBE SEJAHTERA 001). Skripsi thesis, State Islamic University of North Sumatera.

[img] Text
Cover_wardah.pdf

Download (633kB)
[img] Text
BAB_II_wardah.pdf

Download (581kB)
[img] Text
BAB_III_warda.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB_IV_wardah.pdf

Download (689kB)
[img] Text
BAB_V_wardah.pdf

Download (179kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka_Wardah.pdf

Download (734kB)

Abstract

BMT Kube Sejahtera 001 Bandar Setia adalah suatu lembaga keuangan syariah yang bergerak dalam usaha simpan pinjam dimana yang kegiatannya menghimpun dan menyalurkan kembali dana tersebut kepada masyarakat dan biasanya beroperasi dalam skala mikro. BMT sendiri berfungsi sebagai rumah pengembangan harta dalam melakukan kegiatan pengembangan usaha-usaha produktif dan investasi dalam meningkatkan kualitas ekonomi pengusaha mikro dan kecil dengan mendorong kegiatan menabung dan menunjang pembiayaan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, pertama Bagaimana Strategi di dalam BMT Kube Sejahtera 001, Kedua Bagaimana Analisis Peran BMT Kube Sejahtera 001 dalam Pemberdayakan Ekonomi anggota, Ketiga Apa saja yang menjadi hambatan BMT Kube Sejahtera 001 dalam memberdayakan ekonoi anggota. Pendekatan Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data yaitu: wawancara (interview) sebagai pendukung menggunakan studi dokumentasi sesuai dengan masalah yang dibahas. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam BMT Kube Sejahtera 001 Strategi BMT Kube Sejahtera 001 dalam memberdayakan ekonomi anggotanya,meningakatkan pelayanan anggota,meningkatkan partisipasi anggota. BMT Kube Sejahtera 001 ini juga masih kurangdalam sosialisasi sehingga menyebabkan masih banyak masyarakat setempat yang belum mengetahui adanya BMT tersebut. Dari hasil Wawancara BMT Kube Sejahtera 001 ini sangat berperan dalam meningkatkan pendapatan anggotanya dengan memberikan produktivitas pinjaman modal usaha, simpanan.Hambatan yang dihadapi oleh BMT Kube Sejahtera 001 dalam pemberdayaan ekonomi anggota merupakan kemacetan yang dialami anggota untuk melakukan pembiayaan dan hal ini biasanya dipicu dari pola manajemen keuangan yang masih berantakan dan tidak berstuktur. Dengan hal ituBMT dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk memberdayakan ekonomi anggotanya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran,Pemberdayaan Ekonomi, Anggota.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 334 Cooperatives
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr. Rizqi Aditya
Date Deposited: 06 Dec 2023 07:54
Last Modified: 06 Dec 2023 07:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20924

Actions (login required)

View Item View Item