Penerapan Metode Simple Multi-Attribute Rating Technique Exploiting Rank (Smarter) Dalam Pemilihan Bibit Unggul Jagung di Desa Silau Mangi

Blaster, Irena (2022) Penerapan Metode Simple Multi-Attribute Rating Technique Exploiting Rank (Smarter) Dalam Pemilihan Bibit Unggul Jagung di Desa Silau Mangi. Skripsi thesis, State Islamic University of North Sumatera.

[img] Text
Cover_Irena_Blaster.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB_I_IRENA_BLASTER.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB_II_IRENA_BLASTER.pdf

Download (833kB)
[img] Text
BAB_III_IRENA_BLASTER.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB_IV_IRENA_BLASTER.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB_V_IRENA_BLASTER.pdf

Download (258kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN_IRENA_BLASTER.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pertanian merupakan salah satu sektor penting di Indonesia. Sebagian besar penduduk Indonesia menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian, salah satunya adalah petani jagung. Budidaya tanaman jagung dimulai dari memilih bibit yang berkualitas. Penentuan bibit jagung berkualitas bertujuan untuk meningkatkan hasil produktivitas dan kualitas produksinya. Berbagai upaya dapat dilakukan untuk meningkatkan produksi jagung seperti penggunaan bibit jagung yang unggul. Upaya peningkatan produksi jagung masih mengalami beberapa kendala seperti kurangnya pemahaman petani dalam menentukan bibit jagung yang unggul. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode SMARTER dalam memilih bibit unggul jagung agar dapat meningkatkan produksi jagung.Metode Simple Multi Attribute Rating Technique Exploiting Rank (SMARTER) merupakan salah satu metode dalam sistem pendukung keputusan yang penyelesaiannya dengan menggunakan pembobotan Rank Order Centroid (ROC) pada setiap kriteria dan sub kriteria. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh lima kriteria yang dijadikan penilaian dalam pemilihan bibit jagung yaitu ketahanan terhadap hama, ukuran biji, hasil produksi, adaptasi lingkungan dan waktu panen.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jagung, Rank Order Centroid, Simple Multi Attribute Rating Technique Exploiting Rank.
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr. Mickael Halomoan Harahap
Date Deposited: 05 Dec 2023 12:52
Last Modified: 05 Dec 2023 12:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20850

Actions (login required)

View Item View Item