IMPLEMENTASI MENTORING DI LEMBAGA DAKWAH KAMPUS AL-IZZAH DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN RELIGIUS DI KALANGAN MAHASISWA UINSU

Oktania, Eva (2022) IMPLEMENTASI MENTORING DI LEMBAGA DAKWAH KAMPUS AL-IZZAH DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN RELIGIUS DI KALANGAN MAHASISWA UINSU. Skripsi thesis, State Islamic University of North Sumatera.

[img] Text
COVER_EPA_OKTANIA.pdf

Download (796kB)
[img] Text
BAB_I_EPA_OKTANIAAA.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB_II_EPA_OKTANIA.pdf

Download (749kB)
[img] Text
BAB_III_EPA_OKTANIA.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB_IV_EPA_OKTANIA.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB_V_EPA_OKTANIA.pdf

Download (311kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_EPA_OKTANIA.pdf

Download (944kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi mentoring dilembaga dakwah kampus LDK Al-Izzah dalam membentuk kepribadian religious dikalangan mahasiswaUIN sumatera utara, untuk mengetahui proses pelaksanaanya dan tekhnik yang digunakan, serta mengetahui hambatan-hambatan yang terjadi pada saat proses mentoring, dan mengetahui keberhasilan mentoringdi dalam membentuk kepribadian religius dikalangan mahasiswa UINSU.Penelitian ini merupakanjenis penelitian kualitatif tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh langsung dari sasaran penelitian maupun catatan dari sumber yang terkait dengan penelitian. Hasil temuan penelitian ini ialah : Pertama. Pelaksanaan mentoring yang terjadi di Lembaga Dakwah Kampus Al-Izzah UINSU biasanya terdiri dari 3-12 orang dalam satu kelompok, dilaksanakan setiap satu pecan sekali, dengan cara bertahap diantaranya yaitu pembukaan, ice breaking, materi, diskusi dan kesimpulan, evaluasi dan penutupan. Kedua, hasil yang didapat tekait hambatanatau kendala saat pelaksaan mentoring di Lembaga Dakwah Kampus Al�Izzah UINSU biasanya adalah waktu yang sering bentrokan atara pementor dan mentee, pementor yang biasanya memiliki lebih dari satu kelompok binaan sehingga pementor kurang bisa membagi waktu, kurangnya ilmu pementor dalam mengelola kelompok mentoring yang sudah di amanahkan, kurangnya SDM sumber daya manusia yang mampu untuk dijadikan seorang pementor. Ketiga, Hasil yang didapatkan setelah mengikuti mentoring, bertambahnya teman baru (ukhuwah atau persaudaraan) para mentee menjadi lebih aktif dan kritis, menambah ilmu dan wawasan yang luas, dan adanya perubahan dalam diri mentee yang lebih baik kearah yang positif baik secara syariat islam dan juga kehidupan sosialnya, perubahan diri adik menee adalah target utama dan penting terutama pada aspek ruhiyah dan budi pekerti yang baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Additional Information: Implementasi, Mentoring, Kepribadian Religius
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Rizqi Aditya
Date Deposited: 05 Dec 2023 10:05
Last Modified: 05 Dec 2023 10:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20829

Actions (login required)

View Item View Item