Kesuma, Dinda Sri (2023) Determinan Loyalitas Berkunjung Ulang Peserta BPJS Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Skripsi thesis, State Islamic University of North Sumatera.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB_I.pdf Download (243kB) |
|
Text
BAB_II.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB_III.pdf Download (481kB) |
|
Text
BAB_IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB_V.pdf Download (220kB) |
|
Text
Lampiran_Dinda_Sri_Kesuma.pdf Download (1MB) |
Abstract
Loyalitas digambarkan sebagai bentuk kesediaan pelanggan berlangganan secara terus-menerus menggunakan barang atau jasa pada suatu perusahaan tertentu. Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Pinang jumlah kunjungan peserta BPJS lama lebih sedikit dibanding peserta BPJS yang baru berkunjung. Adapun tujuan dari penelitian mengetahui determinan loyalitas berkunjung ulang peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Pinang. Metode penelitian menggunakan Cross Sectional, teknik pengambilan sampel Non Probability Sampling dengan Accidental Sampling dan analisis Korelasi Pearson dan Spearman’s rho. Hasil penelitian menunjukkan variabel kompetensi teknis nilai sig 0,000 korelasi pearson 0,601, variabel akses pelayanan nilai sig 0,000 korelasi pearson 0,640, variabel efektifitas nilai sig 0,000 korelasi pearson 0,312, variabel hubungan antar individu nilai sig 0,001 korelasi pearson 0,308, variabel berkelanjutan nilai sig 0,000 korelasi spearman’s rho 0,19, variabel efisiensi nilai sig 0,000 < 0,05 korelasi pearson 0,389, variabel keamanan pelayanan kesehatan nilai 0,000 nilai korelasi spearman’s rho 0,213, variabel fasilitas pendukung nilai sig 0,000 < 0,05 korelasi pearson 0,629. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel yang paling tinggi pengaruhnya yaitu variabel akses pelayanan, dan fasilitas pendukung pelayanan. Disarankan untuk meningkatkan pelayanan yang akan diberikan, berupa kompetensi teknis petugas melalui pengetahuan dan keramahan serta fasilitas pendukung di dalam melakukan pelayanan baik berupa obat-obata dan alat kesehatan. Perbaikan keamanan pelayanan serta penyimpanan rekam medis dan dibutuhkan penambahan tenaga kesehatan untuk meningkatkan efisiensi pelayanan dan efektivitas di dalam pelayanan dengan jumlah tenaga kesehatan yang cukup. Upaya ini dilakukan untuk mempertahankan jumlah kunjungan yang diperoleh untuk terjadinya loyalitas dalam menggunakan pelayanan yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Pinang.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Determinan, Loyalitas, Berkunjung Ulang, Peserta BPJS |
Subjects: | 300 Social sciences > 360 Social services; association > 366 Association 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Mickael Halomoan Harahap |
Date Deposited: | 05 Dec 2023 09:08 |
Last Modified: | 05 Dec 2023 09:08 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20820 |
Actions (login required)
View Item |