Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi dengan Metode Full Costing dan Variable Costing (Studi Kasus UKM A. ZAKI Bakery Medan)

Rizky, Gustina (2022) Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi dengan Metode Full Costing dan Variable Costing (Studi Kasus UKM A. ZAKI Bakery Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover.pdf

Download (857kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (664kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perhitungan harga pokok produksi merupakan hal yang pebting untuk diperhatikan karena semakin meningkatnya persaingan antar perusahaan dalam menghasilkan produk-produk yang berkualitas dengan harga yang cukup bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harga pokok produksi dan perbedaan perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan perhitungan harga pokok produksi dengan metode full costing dan variable costing. Berdasarkan perhitungan harga pokok produksi dengan metode full costing lebih tinggi dibandingkan dengan perhitungan menurut metode variable costing. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif yang bersifat deksriptif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari UKM A. Zaki Bakery yaitu berupa data yang dihasilkan dengan cara wawancara, studi pustaka serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UKM A. Zaki Bakery bergerak di bidang perusahaan manufaktur yang memproduksi barang jadi dari bahan baku mentah dan UKM A. Zaki Bakery tidak memperhitungkan semua biaya dalam menghasilkan produknya sehingga menghasilkan perhitungan harga pokok produksi yaitu sebesar Rp672. Jika perhitungannya menggunakan metode full costing terlihat nilainya lebih tinggi yaitu sebesar Rp681 dibandingkan dengan perhitungan harga pokok produksi dengan metode variable costing lebih rendah yaitu sebesar Rp675 dengan selisih Rp6. Perbedaan ini disebabkan pada pembebanan biaya overhead pabrik yang tidak dibebankan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perhitungan dan Perbandingan Harga Pokok Produksi, Metode Full Costing, Metode Variable Costing
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 05 Dec 2023 02:53
Last Modified: 05 Dec 2023 02:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20812

Actions (login required)

View Item View Item