Dampak Perbaikan Jalan Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakt Desa Klumpang Kebun, Kecmatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang

Novi, yanti and Ilham Mirzaya, Putra (2023) Dampak Perbaikan Jalan Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakt Desa Klumpang Kebun, Kecmatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Darma Agung, Vol.31 (No.3). pp. 178-197. ISSN 0852-7296 (P) 2654-3915 (E)

[img] Text
Jurnal_Noviyanti.pdf

Download (494kB)

Abstract

Penelitian dilakukan di Desa Klumpang Kebun, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, yang bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kondisi ekonomi masyarakat sekitar dan bagaimana aktivitas masyarakat dengan adanya perbaikan jalan terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat Desa Klumpang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Metode keabsahan data menggunakan validasi dan diskusi dari kepala desa dan lima masyarakat desa yang berdomisili di Desa Klumpang Kebun. Dari permasalahan yang terjadi, tampak bahwa warga masih kesulitan menjual hasil panennya karena jalan rusak dan berlubang sehingga harus berjalan kaki untuk menempuh jarak yang jauh. Ada beberapa dampak positif dan negatif. Dampak positif yang diterima masyarakat adalah peningkatan ekonomi mereka melalui pembangunan dan perbaikan jalan yang mempersingkat perjalanan dan waktu, sedangkan dampak negatifnya adalah trotoar terkadang menjadi ruang komersial, balas dendam tidak digunakan sebagaimana mestinya. Itulah mengapa infrastruktur jalan menjadi penting, karena infrastruktur jalan yang baik dan memadai tidak hanya menjadi arus mobilitas sosial, tetapi juga cukup untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang terus melakukan pembenahan untuk mendukung perekonomian masyarakat.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Pembangunan infrastruktur, transportasi, ekonomi
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 388 Transportation Ground transportation
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Mr. Andika Putera Inshani
Date Deposited: 08 Dec 2023 18:11
Last Modified: 12 Dec 2023 19:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20792

Actions (login required)

View Item View Item