Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Minyak Kelapa Sawit (Studi Kasus PT Perkebunan Nusantara IV Medan)

Melati, Harahap and Sri, Ramadhani (2023) Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Minyak Kelapa Sawit (Studi Kasus PT Perkebunan Nusantara IV Medan). Jurnal Edunomika, Vol. 7 (N0. 2). pp. 1-13.

[img] Text
Jurnal_Tugas_Akhir_Melati.pdf

Download (857kB)

Abstract

Crude Palm Oil (CPO) merupakan komoditas di Indonesia yang mempunyai nilai strategis, salah satunya disebabkan minyak kelapa sawit merupakan bahan baku pembuatan minyak makan, Sementara minyak makan merupakan salah satu dari sembilan kebutuhan pokok secara global. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang tepat digunakan oleh sebuah perusahaan terhadap peningkatan penjulan minyak kelapa sawit dengan menggunakan analisis SWOT. Strategi pemasaran perusahaan pada dasarnya memperhatikan hal-hal seperti, menganalisis peluang pasar, menyusun strategi pemasaran, merencanakan program pemasaran, dan mengkoordinasikan upaya pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berdasarkan pendekatan deskriptif dengan menggunakan dua jenis data yang primer dan data sekunder. Beberapa metode pengujian yang merupakan langkah langkah dan uji analisis SWOT dengan menggunakan matriks IFAS dan matriks EFAS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa matriks IFAS (1,31) digunakan sebagai sumbu x (horizontal) pada diagram SWOT dan nilai hasil uji matriks EFAS (1,36) diguanakan sebagai sumbu y (vertikal) pada digram SWOT . Hasil pengaplikasian nilai hasil uji matriks IFAS dan matriks EFAS pada digram SWOT menerangkan bahwa pada daerah I diaman pada daerah itu menggambarkan bahwa faktor fakor internal perusahaan dalam keadaan kuat. Hasil analisis SWOT yang digambarkan dengan menggunakan diagram SWOT menunjukkan perusahaan perusahaan berada pada kudran I dimana hal tersebut berarti bahwa PT perkebunan Nusantara IV Medan adalah startegi agresif yaitu perusahaan harus mampu mengembangkan kekuatan yang ada dan meningkatkan serta mempertahankan peluang yang ada.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Strategi, pemasaran, penjualan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Mr. Andika Putera Inshani
Date Deposited: 12 Dec 2023 13:54
Last Modified: 12 Dec 2023 19:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20790

Actions (login required)

View Item View Item