Pemenuhan Hak dan Kewajiban Suami Istri pada Pernikahan Sirri Dikalangan Mahasiswa Perspektif Maqashid Syari'ah (Studi Kasus Universitas di Kabupaten Deli Serdang)

Legina, Legina and Lubis, Fauziah (2023) Pemenuhan Hak dan Kewajiban Suami Istri pada Pernikahan Sirri Dikalangan Mahasiswa Perspektif Maqashid Syari'ah (Studi Kasus Universitas di Kabupaten Deli Serdang). Kabilah: Journal of Social Community, 8 (1). pp. 42-59. ISSN 2503-3603

[img] Text
Jurnal_Legina.pdf

Download (292kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti beberapa mahasiswa di Kabupaten Deli Serdang yang melakukan pernikahan sirri mengenai pemenuhan hak dan kewajibannya menurut perspektif maqashid syari’ah. Rumusan masalah yang digunakan adalah bagaimana pemenuhan hak dan kewajiban suami istri pada pernikahan sirri dikalangan mahasiswa Universitas di Deli Serdang perspektif maqashid syari’ah. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian yuridis empiris yang menggunakan dua sumber data yaitu primer dan sekunder. Serta melakukan wawancara terhadap beberapa mahasiswa yang melakukan praktik nikah sirri. Hasil penelitian ini di beberapa Universitas di Kabupaten Deli Serdang masih terdapat beberapa mahasiswa yang melakukan pernikahan sirri dengan berbagai alasan, antara lain adalah untuk menghindari zina karena mereka berada di perkotaan, di sisi lain praktik pernikahan siri mempunyai dampak negatif kepada pasangan suami istri. Terlebih dalam hal pemenuhan hak dan kewajiban yang merupakan tanggung jawab suami terhadap istri dan anak belum terpenuhi, dan adanya anggapan dari beberapa suami bahwa istri masih merupakan tanggungan orang tuanya karena masih berstatus sebagai seorang mahasiswa bahkan sebelum menikah dengannya. Menurut perspektif maqashid syar’iyah praktik pernikahan sirri yang dilakukan mahasiswa melanggar pokok ajaran Islam yang ada di dalam Maqashid Syar’iyah terlebih untuk istri dan anak, dalam pernikahan sirri tidak ada jaminan hukum tetap agar suami maupun istri untuk memenuhi kewajibannya.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Pernikahan Sirri, Mahasiswa, Kabupaten Deli Serdang, Maqashid Syari’ah, Pernikahan
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2X4.31 Nikah
2X4 FIQH > 2X4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2X4.36 Nafakah
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Mr. Mickael Halomoan Harahap
Date Deposited: 02 Dec 2023 14:27
Last Modified: 15 Dec 2023 07:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20732

Actions (login required)

View Item View Item