Peran BAZNAS Sumatera Utara dalam Menstabilkan Ekonomi Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 (Studi Penerapan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat)

Fattah, Abdul (2022) Peran BAZNAS Sumatera Utara dalam Menstabilkan Ekonomi Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 (Studi Penerapan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat). Masters thesis, State Islamic University of North Sumatera.

[img] Text
COVER.pdf

Download (715kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (699kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (633kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (247kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN.pdf

Download (369kB)

Abstract

BAZNAS Provinsi Sumatera Utara menjadi salah satu lembaga pemerintah nonstruktural yang melakukan pengelolaan zakat sesuai penerapan UU Nomor 23 Tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana pengelolaan Badan Amil Zakat Nasional Sumatera Utara dalammmenstabilkan ekonomi masyarakat di tengah Pandemi Covid-19 sesuai dengan penerapan Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat? Apa Program Badan Amil Zakat Nasional Sumatera Utara dalam menstabilkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19? Dan Bagaimana tantangan yang di hadapi Badan Amil Zakat Nasional Sumatera Utara dalam menstabilkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19? Adapun metode penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan cara wawancara, observasi. Hasil penelitian menunjukan pengelolaan BAZNAS Sumut meliputi Pengumpulan Zakat, Pendistribusian dan Pendayagunaan zakat. Selama pandemi pengumulan dana zakat mengalami peningkat dari tahun ke tahun. Program dasar yang disebutkan di masa pandemi BAZNAS Sumatera Utara banyak membantu bidang dakwah membantu para mualaf dan bidang ekonomi seperti bantuan produktif bantuan modal usaha, bentuk konsumtif kebutuhan sehari-hari dan sembako. Tantangan secara internal harus mampu memaksimalkan dalam menfaatkan pengumpulan ZIS secara online dan mengkoordinasi kepada UPZ yang telah bekerja sama. Adapun secara ekternal yang di hadapi secara letak geografis yang tidak bisa seluruhnya para mustahik mendapatkan bantuan dari BAZNAS Sumatera Utara terutama di daerah minoritas Muslim.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: BAZNAS Sumatera Utara, Program, Pandemi Covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Hukum Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Mickael Halomoan Harahap
Date Deposited: 02 Dec 2023 14:10
Last Modified: 15 Dec 2023 07:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20730

Actions (login required)

View Item View Item