Bimbingan Ustadz dan Ustadzah Dalam Membina Akhlak Anak Asuh di Panti Asuhan Husnul Khotimah Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara

Sholihat Aziz, Nur Azizah (2021) Bimbingan Ustadz dan Ustadzah Dalam Membina Akhlak Anak Asuh di Panti Asuhan Husnul Khotimah Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara. Skripsi thesis, State Islamic University of North Sumatera.

[img] Text
Cover,_Pengesahan,_abstrak,_daftar_isi-dikompresi.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB_1-dikompresi.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB_2-dikompresi.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB_3-dikompresi.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB_4-dikompresi.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB_5-dikompresi.pdf

Download (86kB)
[img] Text
daftar_pustaka,_lampiran-dikompresi.pdf

Download (472kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : pertama, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan Ustadz dan Ustadzah dalam membina akhlak anak asuh. Kedua, untuk mengetahui apa saja yang menjadi hambatan dalam proses pelaksanaan bimbingan Ustadz dan Ustadzah dalam membina akhlak anak asuh. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yaitu penelitian untuk memperoleh data lapangan (data empiris), yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan test. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga orang yaitu Ustadz dan Ustadzah selaku pembimbing Agama dan pengasuh Panti Asuhan Husnul Khotimah yang memiliki peran penting dalam membina akhlak anak asuh. Penelitian ini dilakukan di Panti Asuhan Husnul Khotimah Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Pelaksanaan bimbingan Ustadz dan Ustadzah dalam membina akhlak anak asuh di Panti Asuhan Husnul Khotimah yaitu tidak mengikuti konsep atau teori manapun. Akan tetapi langsung pada penerapan pelaksanaan bimbingan dan pembinaan dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai. Adapun capaian yang dimaksud adalah mencakup sikap spiritual, sikap sosial dan keterampilan. Hambatan dalam proses pembinaan Akhlak anak asuh di Panti Asuhan Husnul Khotimah yaitu keadaan anak asuh yang datang dari latar belakang yang berbeda, kurangnya kesadaran diri anak asuh, keluarga maupun masyarakat akan pentingnya bimbingan Agama, kurangnya dana untuk memenuhi kebutuhan anak asuh.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Ustadz dan Ustadzah, Akhlak, Panti Asuhan
Subjects: 2X0 ISLAM (UMUM) > 2X0.001 3 Islam dan Kemanusiaan
2X4 FIQH
2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.5 Organisasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr. Mickael Halomoan Harahap
Date Deposited: 02 Dec 2023 10:55
Last Modified: 15 Dec 2023 07:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20707

Actions (login required)

View Item View Item