Strategi Komunikasi Perusahaan dalam Mempromosikan Layanan Pengiriman Jasa JNE di Kota Medan

Harahap, Dhea Adelina and Alfikri, Muhammad (2023) Strategi Komunikasi Perusahaan dalam Mempromosikan Layanan Pengiriman Jasa JNE di Kota Medan. JSEH (Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora), 9 (2). pp. 43-53. ISSN 2461-0720

[img] Text
JSEH_Jurnal+Dhea.pdf

Download (316kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi perusahaan dalam mempromosikan layanan pengiriman jasa JNE di Kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan deskriptif dengan model deduksi. Data diperoleh melalui wawancara dengan menggunakan metode wawancara terorganisir dan tidak terstruktur, selain metode pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Pengolahan data terdiri dari mengedit, mengatur, dan menganalisis informasi yang dikumpulkan, dengan analisis deskriptif kualitatif berfungsi sebagai metode pilihan untuk upaya penelitian khusus ini. Dengan menggunakan strategi bauran pemasaran 7P, JNE Kota Medan meneliti dan mengembangkan serangkaian taktik komunikasi untuk meningkatkan kesadaran akan penawaran pemberian layanan perusahaan di masyarakat setempat. Taktik ini berfokus pada produk, harga, lokasi, promosi, staf, dan proses perusahaan. Strategi produk ditunjukkan dengan ketersediaan produk yang unggul, khususnya layanan Yakin Esok Sampai (YES), Regular dan Ongkos Kirim Ekonomis (OKE) yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan individu. JNE memiliki 14 produk jasa, strategi penetapan harga berdasarkan jarak dan berat paket yang dikirim, strategi perluasan jaringan kerjasama melalui bisnis franchise, strategi promosi terkait public relations, advertising, dan internet online marketing, people strategy (SDM bagi karyawan) melakukan program pemberdayaan, pelatihan, dan pemberian hak kerja berupa material dan in-material, strategi physical evidence meliputi pelayanan yang baik.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Promosikan, Marketing mix, Layanan, JNE
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 652 Processes of written communication
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Sella Octavia
Date Deposited: 06 Dec 2023 04:07
Last Modified: 06 Dec 2023 04:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20536

Actions (login required)

View Item View Item