Generating Ideas To Write Narrative Through Illustrated poem: Indonesian Efl Students Experiences

Nabila, Ega Viorenti (2023) Generating Ideas To Write Narrative Through Illustrated poem: Indonesian Efl Students Experiences. Universitas PGRI Sumatera Barat – Indonesia, 9 (1). pp. 127-145. ISSN 2502-7468

[img] Text
Article_Journal_-_Ega_Viorenti_Nabilla.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menulis telah menjadi keahlian paling penting untuk dipelajari bagi siswa bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Namun seringkali siswa kesulitan mendapatkan ide saat menulis cerita naratif. Artikel ini bertujuan untuk menawarkan saran penggunaan puisi bergambar untuk menghasilkan ide dalam menulis teks narasi sebagai inovasi pembelajaran bahasa Inggris. Pre-test dan tugas tertulis digunakan sebagai alat pengumpul data pada penelitian kualitatif ini. Teks naratif partisipan dievaluasi menggunakan adaptasi dari Model Teaching for Better Educators (2019) dan Rubrik Analitik Naratif dalam Buku Bahasa Inggris Tingkat Lanjut oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Indonesia (2020). Tujuh siswa dari sekolah menengah atas di Percut Sei Tuan, Indonesia, menjadi partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan mengalami kesulitan mendapatkan ide saat pre-test, namun mampu memunculkan ide menulis setelah distimulasi menggunakan puisi bergambar “Unicorn”. Naskah naratif participants tersebut juga memenuhi persyaratan untuk narrative text organization, perincian sensorik, dan hanya memerlukan sedikit revisi dan pengeditan sebagaimana diuraikan dalam Naratif Rubrik Analitis. Namun, penggunaan rangsangan visual hanya bisa membantu dalam menghasilkan ide cerita, untuk itu diperlukan pengajaran lagi untuk menghasilkan teks naratif yang berkualitas. Dapat dosimpulkan bahwa puisi bergambar dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran untuk mengajar menulis narasi, sehingga pendidik harus mempertimbangkan hal ini untuk membantu siswa belajar.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: illustrated poem; Indonesian EFL student, narrative text, writing
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Sella Octavia
Date Deposited: 07 Dec 2023 04:53
Last Modified: 07 Dec 2023 04:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20531

Actions (login required)

View Item View Item