Peran Dosen IPS Dalam Membangun Karakter (Disiplin, Jujur Dan Bertanggungjawab) Pada Mahasiswa Prodi Tadris IPS FITK UINSU Medan

Susanti, Eka and Nasution, Toni and Simamora, Sari Kurniah (2023) Peran Dosen IPS Dalam Membangun Karakter (Disiplin, Jujur Dan Bertanggungjawab) Pada Mahasiswa Prodi Tadris IPS FITK UINSU Medan. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UINSU Medan.

[img] Text
Penelitian Prodi IPS 2023.pdf

Download (657kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam rangka menemukan berbagai persoalan terkait pembelajaran yang berhubungan dengan pembinaan karakter juju, disiplin dan bertanggungjawab. Sehingga pada latar belakang masalah dirumuskan berbagai rumusan masalah yang diharapkan mampu dipecahkan dan memiliki solusi dalam pembelajaran meningkatkan peran dosen IPS dalam pembentukan karakter Mahasiswa itu sendiri.Peran dosen IPS dalam penelitian ini mengungkap bukan berarti yang bukan dosen IPS tidak ikut serta dalam pembinaan dan pembentukan karakter itu sendiri. Sehingga diharapkan beberapa karakter yang akan di kamukan dalam peneitian ini menjadi ebuah cerminan yang terbiasa dan diamalkan dalam kehidupan perkuliahan sampai terjun kedunia kemasyarakatan nantinya. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan metode studi literatur untuk menganalisis data yang yang diambil baik dari buku, artikel jurnal baik nasional maupun literatur lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen sejatinya harus menjadi tauladan dan control pembinaan karakter pada ranah perguruan tinggi sehingga karakter jujur, disiplin dan bertanggungjawab menjadi karakter yang menjadi bagian dari keunggulan kepribadian seorang mahasiswa dan generasi masa depan bangsa Indonesia.

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 27 Oct 2023 03:15
Last Modified: 27 Oct 2023 03:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20467

Actions (login required)

View Item View Item