Analisis Penerapan Laporan Keuangan Berdasarkan Pedoman Akuntansi Pesantren Pada Pondok Pesantren AlKhoir Menanti Kabupaten Padang Lawas”

Harahap, Adillah Sipatussiwa (2022) Analisis Penerapan Laporan Keuangan Berdasarkan Pedoman Akuntansi Pesantren Pada Pondok Pesantren AlKhoir Menanti Kabupaten Padang Lawas”. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover_adillah.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB_1_Skripsi_Adillah_Sipatussiwa_Harahap_(1).pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB_II_Skripsi_Adillah_Sipatussiwa_Harahap_(1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_III_Adillah_Sipatussiwa_Harahap_(1).pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB_IV_Adillah_Sipatussiwa_Harahap_(1).pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB_V_Adillah_Sipatussiwa_Harahap_(1).pdf

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_dilla.pdf

Download (1MB)

Abstract

Konsep ISAK 35 yaitu dengan mengizinkan entitas berorientasi nonlaba menyesuaikan deskripsi yang digunakan untuk beberapa pos yang terdapat dalam laporan keuangan dan laporan keuangan itu sendiri mencakup laporan posisi keuangan, laporan penghasilan komprehensif, laporan perubahan aset neto, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan laporan keuangan yang sesuai dengan pedoman akuntansi pesantren pada pesantren al-khoir.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah dekskriptif analisis, Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, staff keuangan dan staff tata usaha. Hasil dari penelitian pertama Penyusunan laporan keuangan Pondok Pesantren Al-Khoir Menanti sudah dilakukan. Dalam penyusunan laporan keuangan yang dilakukan dengan mencatat penerimaan dan pengeluaran kas selama sebulan. Catatan penerimaan kas dan pengeluaran kas tersebut yang kemudian oleh pihak pondok pesantren disajikan sebagai laporan keuangan. Yang kedua ini menunjukkan bahwa pengelolaan laporan keuangan belum memenuhi kebutuhan keempat unsur laporan keuangan, dimanapesantren belum mengenal ISAK 35. Akuntabilitas di dalam pesantren Al-khoir Menanti belum secara maksimal, dibuktikan dengan kurangnya pengetahun guru dan karyawan di dalam pesantren.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Laporan Keuangan, ISAK 35, Pondok Pesantren
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 20 Oct 2023 04:11
Last Modified: 20 Oct 2023 04:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20458

Actions (login required)

View Item View Item