Implementasi Akuntansi Zakat Infak/ Sedekah Produktif Oleh Lembaga Amil Zakat (Studi Kasus: Lembaga Amil Zakat Inisiatif Zakat Indonesia Kota Medan).

Nur Amalia, Nur Amalia (2023) Implementasi Akuntansi Zakat Infak/ Sedekah Produktif Oleh Lembaga Amil Zakat (Studi Kasus: Lembaga Amil Zakat Inisiatif Zakat Indonesia Kota Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
cover_lia.pdf

Download (747kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (120kB)
[img] Text
dapus_lia.pdf

Download (982kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Lembaga Amil Zakat Nasional Inisiatif Zakat Indonesia cabang Kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi PSAK 109 di IZI cabang Medan. PSAK 109 menjelaskan bahwa zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh orang wajib zakat (muzakki) sesuai dengan ketentuan syariah kepada yang berhak menerimanya (mustahik). Begitupula dengan infak/sedekah yang dikeluarkan oleh muzakki sebagai upaya merealisasikan perintah-perintah Allah dengan membantu umat manusia yang berhak menerimanya dan juga membantu kemaslahatan umum. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui; observasi langsung, wawancara, dokumentasi, pelaporan di IZI kemudian dibandingkan dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan zakat infak sedekah berbasis produktif sudah baik dalam penerimaan dana dari muzakki dan penyaluran bagi mustahik, dan dalam pelaporan keuangan LAZNAS IZI Cabang Medan sudah menerapkan PSAK 109 dengan baik dalam hal pencatatan dan pengukuran sedangkan penyajian serta pengungkapan hanya bisa dibuat laporan keuangan di IZI pusat Jakarta saja.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Zakat,Infak Sedekah Produktif,Akuntansi Zakat,PSAK 109
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat > 2X4.142 Zakat Mal/harta
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 21 Sep 2023 08:36
Last Modified: 21 Sep 2023 08:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20386

Actions (login required)

View Item View Item