Tanggung Jawab Pemilik Modal Atas Wanprestasi Menurut Pasal 38 Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Perumahan Victory Land dan Brandan Jayamahe Residence Kabupaten Langkat)

Hudshi, Wardha (2023) Tanggung Jawab Pemilik Modal Atas Wanprestasi Menurut Pasal 38 Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Perumahan Victory Land dan Brandan Jayamahe Residence Kabupaten Langkat). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover_bebas_turnitin.pdf

Download (967kB)
[img] Text
BAB_I_bebas_turnitin.pdf

Download (743kB)
[img] Text
BAB_II_bebas_turnitin.pdf

Download (879kB)
[img] Text
BAB_III_bebas_turnitin.pdf

Download (686kB)
[img] Text
BAB_IV_bebas_turnitin.pdf

Download (684kB)
[img] Text
BAB_V_bebas_turnitin.pdf

Download (393kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_bebas_turnitin.pdf

Download (602kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: Tanggung Jawab Pemilik Modal Atas Wanprestasi Menurut Pasal 38 Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Perumahan Victory Land dan Brandan Jayamahe Residence Kabupaten Langkat). Wanprestasi adalah suatu kondisi tidak dilaksanakannya suatu kewajiban/prestasi sebagaimana mestinya yang telah disepakati bersama dinyatakan dalam perjanjian. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa persoalan ingkar janji dalam proyek pembangunan perumahan yang membuat terhentinya pembangunan. Permasalahan pada penelitian ini adalah bentuk-bentuk wanprestasi pada pemilik modal perumahan, geografis perumahan victory land dan brandan jayamahe residence di Kabupaten Langkat, dan bagaimana tanggung jawab pemilik modal terhadap wanprestasi di perumahan victory land dan brandan jayamahe residence menurut pasal 38 Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk wanprestasi pemilik modal perumahan, mengetahui geografis atau gambaran umum dari perumahan victory land dan brandan jayamahe residence dan mengetahui tanggung jawab pemilik modal terhadap wanprestasi menurut pasal 38 Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris yakni salah satu jenis penelitian hukum yang menganalisis dan mengkaji bekerjanya hukum dalam masyarakat. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode penelitian lapangan (field research) dan didukung oleh metode kepustakaan (library research). Berkaitan dengan pendekatan penelitian yang digunakan yakni dengan pendekatan socio-legal. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah bentuk-bentuk wanprestasi pada pemilik modal perumahan yaitu tidak memenuhi prestasinya dengan tidak menyerahkan bagian modalnya sehingga pihak penyedia modal yang dirugikan mengeluarkan biaya pribadi dan membawa kabur uang modal proyek perumahan dan tanggung jawab pemilik modal atas wanprestasi menurut pasal 38 Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah studi kasus di perumahan Victory Land dan Brandan Jayamahe Residence di Kab.Langkat adalah dengan membayar ganti rugi, pembatalan akad, peralihan resiko, denda dan atau membayar biaya perkara.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perumahan, Wanprestasi, KHES
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.23 Perjanjian > 2X4.233 Perumahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 21 Sep 2023 07:56
Last Modified: 21 Sep 2023 07:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20384

Actions (login required)

View Item View Item