Nasution, Rizka Salsabila and Rohani, Rohani (2022) Pengaruh Aplikasi Canva Pada Materi Keanekaragaman Hayati Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 10 (2). pp. 933-940. ISSN E-ISSN 2654-4571; P-ISSN 2338-5006
Text
Jurnal Salsa.pdf Download (518kB) |
Abstract
Canva merupakan multimedia interaktif yang menyediakan fungsi pendidikan yang dapat dijadikan sebagai alat untuk membantu keterampilan, kreativitas, dan kolaborasi, sehingga membuat pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Media pembelajaran Canva dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran, guru dapat menghemat waktu dalam merancang media pembelajaran, dan meningkatkan hasil belajar kognitif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh aplikasi Canva pada materi keanekaragaman hayati terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X MA Negeri Batubara, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment, dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas X IPA-2 sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas X-IPA 1 sebanyak 35 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini yaitu hasil belajar kognitif siswa menggunakan pre-test dan post-test sebanyak 25 soal pilihan ganda mengenai materi keanekaragaman hayati. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kognitif siswa kelas X MA Negeri Batubara, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara pada materi keanekaragaman hayati yang diajarkan dengan menggunakan aplikasi Canva mengalami peningkatan nilai rata-rata dari 45,70 menjadi 84,85. Hasil belajar kognitif siswa pada materi keanekaragaman hayati yang diajarkan tanpa menggunakan aplikasi Canva mengalami peningkatan nilai rata-rata dari 40,11 menjadi 81,03. Terdapat pengaruh aplikasi Canva terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi keanekaragaman hayati pada kelas X MA Negeri Batubara, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara yang dibuktikan melalui uji hipotesis dengan perolehan nilai signifikasi 0,036 < 0,05.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 000 Generalities > 005 Computer programming, programs, data |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 04:20 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 04:20 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20374 |
Actions (login required)
View Item |