Penerapan ISAK 35 tentang Penyajian Laporan Keuangan Entitas Berorientasi Nonlaba (Studi Kasus pada Pondok Pesantren Modern Al Kautsar Al Akbar Medan)

Siregar, Lannida (2023) Penerapan ISAK 35 tentang Penyajian Laporan Keuangan Entitas Berorientasi Nonlaba (Studi Kasus pada Pondok Pesantren Modern Al Kautsar Al Akbar Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover_Terbaru_setelah_di_revisi.pdf

Download (698kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (245kB)
[img] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Pondok Pesantren Modern Al Kautsar Al Akbar Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penyajian laporan keuangan Pondok Pesantren Al Kautsar Al Akbar Medan, dan juga mengetahui kesesuaian penyajian laporan keuangan pada Pondok Pesantren Al Kautsar Al Akbar Medan dengan konsep ISAK No. 35. Metode penelitian ini memakai metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa laporan keuangan yang disusun oleh Pondok Pesantren Al Kautsar Al Akbar Medan hanya menyajikan laporan keuangan yang berisi pemasukan dan pengeluaran yang belum rutin disusun setiap bulannya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa laporan keuangan yang disusun oleh Pesantren Al Al Kautsar Al Akbar Medan belum sesuai dengan Interpretasi Standar akuntansi keuangan (ISAK) 35. Oleh karena itu, peneliti mencoba menyusun ulang laporan keuangan Pondok Pesantren Al Kautsar Al Akbar Medan tahun 2022 yang sesuai dengan ISAK 35. Laporan keuangan tersebut adalah laporan penghasilan komprehensif, laporan arus kas, laporan perubahan aset neto, laporan posisi keuangan, serta catatan atas laporan keuangan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Entitas Nonlaba, Laporan Keuangan, ISAK 35
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:15
Last Modified: 11 Sep 2023 04:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20366

Actions (login required)

View Item View Item