Sulam Alis dalam Perspektif Hadis (Studi Sanad dan Matan Hadis dalam Kitab Sunan Abu Dawud)

Nasution, Widya Ananda (2021) Sulam Alis dalam Perspektif Hadis (Studi Sanad dan Matan Hadis dalam Kitab Sunan Abu Dawud). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
cover_dan_daftar_isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (667kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (307kB)

Abstract

Umat Islam telah sepakat bahwasanya Alquran dan Hadis adalah sebagai sumber ajaran pokok umat Islam yang harus di ta’ati. Beranjak dari permasalahan yang muncul ditengah-tengah masyarakat kita dalam memahami hadis Nabi Saw sebagai sumber pokok Islam yang kedua memang butuh penafsiran, karena hukum atau perintah yang terkandung didalamnya masih memerlukan pemahaman yang lebih, karena pada beberapa kasus hadis Nabi Saw tampak saling bertentangan. Mengenai hal ini perlu diketahui bagaimana kualitas hadis tentang sulam alis dilihat dari segi sanad dan matan dan bagaimana kandungan makna hadis tentang sulam alis. Penulis mencoba mengungkap kualitas hadis tentang sulam alis yang di zaman sekarang ini banyak digemari oleh kaum hawa bahkan lelaki sekalipun, untuk memperindah bentuk alis dengan cara yang instan dan tahan lama. Penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui dan menjaga keontetikan sumber, dengan mengkaji bagaimana kualitas hadis dari segi sanad dan matan hadis. Juga melihat bagaimana kandungan makna hadis tentang sulam alis, serta pendapat para ulama hadis terkait sulam alis. Dengan tujuan dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat. Sehingga dapat atau tidaknya diamalkan. Dengan demikian, ajaran atau hujjah yang disandarkan kepada Nabi Saw tersebut dapat dipertanggung jawabkan. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan Library Reseach sepenuhnya. Yaitu dengan menelaah beberapa literature yang relevan dengan pokok pembahasan skripsi. Setelah melakukan penelitian sanad dan matan hadis penulis berkesimpulan bahwa hadis tentang sulam alis berkualitas shahih. Maka dapat diambil kesimpulan kualitas sanad dan matan hadis tentang sulam alis dilihat dari segi aspek kualitasnya hadis diatas termasuk dalam hadis shahih lizatihi, karena hadis-hadis diatas memenuhi syarat-syarat hadis shahih dan hadis ini juga tergolong hadis yang al-Muttasil Marfu’, yaitu hadis yang sanadnya langsung disandarkan kepada Rasulullah Saw. dari aspek kritik matan hadis tentang sulam alis relevan dengan keberadaan ayat Alquran, hadis shahih, tidak bertentangan dengan akal dan realita sejarah. Dalam pada itu, semua perawi hadis meriwayatkannya dengan bunyi redaksi yang sama, sehingga pada hakikatnya, sedikitpun tidak ada keraguan bahwa Rasulullah Saw. pernah mengucapkan hadis tersebut. Dengan demikian, nilai dari matan hadis tersebut adalah shahih lizatihi dan bisa dijadikan hujjah (sandaran hukum).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X2 HADIS DAN ILMU TERKAIT > 2X2.2 Kumpulan hadist menurut perawi; muatan/materi, terjemah, sejarah > 2X2.23 Kumpulan Hadist Abu Daud
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Hadis > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Sep 2023 02:24
Last Modified: 01 Sep 2023 02:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20304

Actions (login required)

View Item View Item