Kajian Literasi Media Kiprah Pertelevisian Pasca Orde Baru dalam Perspektif Komunikasi Islam

Kurniady, Imam and Sazali, Hasan (2022) Kajian Literasi Media Kiprah Pertelevisian Pasca Orde Baru dalam Perspektif Komunikasi Islam. SAHAFA Journal of Islamic Comunication, Vol.5 (No.I). pp. 17-29. ISSN 2622-4313

[img] Text
8368-Article Text-22554-1-10-20220815.pdf

Download (1MB)

Abstract

Televisi sebagai media informasi yang massif digunakan oleh masyarakat dalam lingkup keluarga di rumah. Televisi turut menjadi media informasi yang paling dipercaya keabsahannya oleh masyarakat saat ini yang terbukti pada data yang dikeluarkan oleh Katadata Insight Center (KIC) dan Kemenkominfo bahwa 47% responden ya menyatakan televisi meruoakan media yang lebih dipercaya daripada media lain, hal ini harus disikapi secara tepat oleh masyarakat agar lebih kritis dalam menilai dan menggunakan informasi dari media apapun, termasuk televisi. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk memaparkan terkait pentingnya pemahaman dan praktik literasi media pada masyarakat spesifik pada media massa informasi dalam medium televisi pada masa pasca orde baru dan pandangan islam terhadap hal itu. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa masyarakat diharapkan memiliki kompetensi literasi media yang komprehensif sehingga masyarakat mampu menilai dan menggunakan informasi secara tepat dan objektif.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social intercd /ction
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:36
Last Modified: 07 Aug 2023 04:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20168

Actions (login required)

View Item View Item