Nilai-nilai Islam dalam upacara mangarak marupule adat sumando sebagai bimbingan pernikahan di desa Sorkam Tengah kecamatan Sorkam kabupaten Tapanuli Tengah

Ramadhani, Cantika (2022) Nilai-nilai Islam dalam upacara mangarak marupule adat sumando sebagai bimbingan pernikahan di desa Sorkam Tengah kecamatan Sorkam kabupaten Tapanuli Tengah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
cover_.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (809kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (786kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (614kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (352kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (558kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Nilai-nilai Islam yang terdapat dalam Tradisi Adat Sumando; (2) Proses pelaksanaan dalam Upacara Mangarak Marupule Tradisi Adat Sumando; (3) Pesan-pesan bimbingan keagamaan Islam dalam Tradisi Adat Sumando; (4) Model nilai-nilai Islam dalam Tradisi Adat Sumando. Penelitian ini berbentuk kualitatif, melalui pendekatan sosiologi. Data yang diproleh peneliti menggunakan sumber data primer dan sember sekunder. penelitian ini dilakukan didesa Sorkam Kabupaten Tapanuli Tengah. Teknik pengumpulan data dipakai dalam memperoleh data objektif yang dibutuhkan dalam penelitian mengenai permasalahan pada objek penelitian, kondisi yang sah dilapangan terkait prosesi pernikahan dalam tradisi adat Sumando didesa Sorkam Kabupaten Tapanuli Tengah. Informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Simpulan dalam penelitian ini adalah: Nilai-nilai dalam Islam yang terkandung dalam tradisi adat sumando merupakan nilai yang berlandaskan Al Qur’an dan Sunnah; (2) Proses pelaksanaan dalam upacara Mangarak Marupele ini sama dengan upacara pernikahan pada umumnya, hanya saja memiliki berbagai tarian dan simbol-simbol yang memiliki makna tersendiri bagi masyarakat Tapanuli Tengah; (3) Bimbingan keagamaan merupakan proses yang wajib dilakukan oleh pasangan suami istri; (4) Nilai-nilai Islam yang diterapkan dalam tradisi adat Sumando merupakan niali-nilai yang dijunjung tinggi dalam ajaran Agama Islam.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upacara Mangarak Marupule, Tradisi Adat Sumando, NilaiNilai dalam Islam, Bimbingan Agama.
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2X4.302 Bimbingan perkawinan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 01 Aug 2023 03:33
Last Modified: 01 Aug 2023 03:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20131

Actions (login required)

View Item View Item