Pengaruh CAR, NPF, ROA, ROE terhadap pembiayaan ekuitas bagi hasil dengan Bopo sebagai variabel intervening di Bank Umum Syariah Indonesia TAHUN 2017 – 2021

Annisa, Mutiara (2023) Pengaruh CAR, NPF, ROA, ROE terhadap pembiayaan ekuitas bagi hasil dengan Bopo sebagai variabel intervening di Bank Umum Syariah Indonesia TAHUN 2017 – 2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_SKRIPSI_MUTIARA_FIX.pdf

Download (908kB)
[img] Text
BAB_I_SKRIPSI_MUTIARA.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB_II_SKRIPSI_MUTIARA.pdf

Download (928kB)
[img] Text
BAB_III_SKRIPSI_MUTIARA.pdf

Download (743kB)
[img] Text
BAB_IV_SKRIPSI_MUTIARA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V_SKRIPSI_MUTIARA.pdf

Download (311kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI_MUTIARA.pdf

Download (445kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CAR (Capital Adequency Ratio), NPF (Non Performing Financing), ROA (Return On Assets), dan ROE (Return On Equity) terhadap Pembiayaan Ekuitas Bagi Hasil secara parsial dan simultan. Dan juga penting untuk menentukan apakah BOPO memediasi hubungan antara Pembiayaan Ekuitas Bagi Hasil dan rasio yaitu CAR (Capital Adequency Ratio), NPF (Non Performing Financing), ROA (Return On Assets), dan ROE (Return On Equity). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif untuk menilai pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. 13 bank syariah di Indonesia menjadi sampel penelitian, dan selama lima tahun pengamatan, 65 set data pengamatan dikumpulkan. Metode analisis data menggunakan Regresi Panel, dan kumpulan data mencakup data cross-sectional dan time series. Tiga metode yang di pakai yaitu, Uji Chow, Uji Hausman, dan Uji Langrange sering digunakan saat mengestimasi model regresi menggunakan data panel. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Random Effect Model adalah model regresi terbaik untuk digunakan. Temuan penelitian ini lebih lanjut menunjukkan bahwa untuk tahun 2017 hingga tahun 2021, CAR dan NPF secara parsial tidak berpengaruh terhadap Pembiayaan Ekuitas Bagi Hasil Bank Umum Syariah di Indonesia. Pembiayaan Ekuitas Bagi Hasil Bank Umum Syariah di Indonesia tahun 2017 hingga tahun 2021 juga dipengaruhi oleh ROA, ROE, dan BOPO. Berdasarkan pengujian secara simultan, variabel CAR, NPF, ROA, ROE, dan BOPO berpengaruh terhadap pembiayaan ekuitas bagi hasil bank umum syariah Indonesia tahun 2017 hingga tahun 2021. Temuan analisis intervening menunjukkan bahwa BOPO dapat memediasi hubungan tersebut. antara CAR, NPF, ROA, dan ROE Tentang Pembiayaan Ekuitas Bagi Hasil Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2017 hingga tahun 2021.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BOPO, CAR, NPF, ROA, ROE, Pembiayaan Ekuitas Bagi Hasil
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:25
Last Modified: 27 Jul 2023 08:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20089

Actions (login required)

View Item View Item